Gawat! Varian Omicron Lebih Mudah Menginfeksi Ulang Penyintas Covid-19

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:00 WIB

 

suaramerdeka-jakarta.com‐ Para peneliti memperkirakan Varian Omicron jauh lebih menginfeksi dan jauh lebih berbahaya.

 Peneliti di Afrika Selatan menemukan bukti bahwa dibandingkan varian lain, varian Omicron lebih mudah menginfeksi kembali penyintas Covid-19 atau orang yang sudah pernah terkena Covid-19.

"Bertentangan dengan harapan dan pengalaman kami dengan varian sebelumnya, kami sekarang mengalami peningkatan risiko infeksi ulang yang melebihi pengalaman kami sebelumnya," kata peneliti dari Universitas Stellenbosch, Juliet Pulliam, kata dalam sebuah pernyataan.

Hasil ini diketahui setelah peneliti menganalisis laporan infeksi yang mencakup 2,7 juta orang di Afrika Selatan sejak awal pandemi, termasuk lebih dari 35 ribu orang yang didiagnosis Covid-19 lebih dari sekali.

Kami mengidentifikasi 35.670 orang dengan setidaknya dua dugaan infeksi (hingga 27 November 2021), 332 orang dengan dugaan infeksi ketiga, dan 1 orang dengan empat dugaan infeksi," tulis peneliti dalam laporan mereka. Penelitian ini belum memasuki tahapan peer-review atau diulas rekan sejawat.

Pada individu yang terinfeksi lebih dari satu kali, sebanyak 47 atau 14,2 persen mengalami infeksi ketiga pada November 2021.

Baca Juga: Ini Gejala Awal Terpapar Varian Omicron, Mulai Dari Demam Hingga Tenggorokan Gatal

"Yang menunjukkan bahwa banyak infeksi ketiga terkait dengan penularan varian Omicron," kata peneliti.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Din Syamsuidin Hadiri Konferensi di Russia

Sabtu, 21 Mei 2022 | 23:18 WIB

Presiden Korsel Sebut Indonesia Mitra Khusus

Rabu, 11 Mei 2022 | 13:05 WIB
X