Situasi Makin Tak Menentu di Kiev, Kemenlu RI Segera Evakuasi WNI Via Rumania atau Polandia

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 21:02 WIB
Salah satu warga di Kiev tampak cemas akibat invasi Rusia  (Instagram@ukraine.ua)
Salah satu warga di Kiev tampak cemas akibat invasi Rusia (Instagram@ukraine.ua)

 

KIEV,suaramerdeka-jakarta.com-Kementerian Dalam Negeri Ukraina menyatakan pertempuran telah terjadi di jalanan Kota Kiev, ibu kota Ukraina terkait dengan invasi Rusia

Menyikapi situasi di Ukraina terutama di Kiev, Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina yang diinvasi Rusia. Sejauh ini total ada 153 WNI di Ukraina.

"Saat ini ada 153 orang tercatat dalam database terbaru yang dimiliki di KBRI Kiev," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam konferensi pers. Sabtu (26/2/2022).

Judha mengatakan data tersebut tercatat setelah WNI yang ada di Ukraina diminta melaporkan diri. Sebanyak 153 WNI itu tersebar di beberapa rumah aman atau safe house, terbanyak berada di KBRI Kiev.

Baca Juga: Rusia Sudah Masuk Ke Kiev, Ramai ramai Negara Anggota Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Ekonomi Buat Rusia

"Upaya yang bisa kita lakukan adalah membawa WNI kita ketika situasi di lapangan memungkinkan, menuju ke Polandia atau Rumania atau beberapa negara sekitar, yang kita utamakan yang terdekat, setelah itu dapat kita lakukan penjemputan di sana," kata Judha.

Ia mengatakan pemerintah telah menyiapkan tim evakuasi yang terdiri dari unsur Kemlu dan TNI. Selain itu, juga disiapkan pesawat untuk evakuasi.

"Detail tidak bisa kami sampaikan di sini, namun saat ini kita sedang siapkan proses evakuasi WNI untuk keluar dari Ukraina, situasi di lapangan sangat sulit," katanya.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X