Rusia Akan Setop Invasi ke Ukraina, Ini Syarat Dari Putin

- Selasa, 1 Maret 2022 | 07:31 WIB
Presiden Vladimir Putin malah mengajukan beberapa syarat agar invasi Rusia ke Ukraina bisa berakhir. (Instagram@leadervladimir putin)
Presiden Vladimir Putin malah mengajukan beberapa syarat agar invasi Rusia ke Ukraina bisa berakhir. (Instagram@leadervladimir putin)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Ditengah perundingan antara Delegasi Rusia dan Ukraina yang tidak menghasilkan kesepakatan apapun, Presiden Vladimir Putin malah mengajukan beberapa syarat agar invasi Rusia ke Ukraina bisa berakhir.

Syarat pertama, kata Putin, Ukraina harus bersikap netral dan tak memihak pada Barat. Melalui pernyataan yang dirilis Kremlin, Putin menuturkan salah satu kunci solusi konflik Ukraina lainnya adalah negara pecahan Uni Soviet itu harus menghapus pengaruh Nazi atau praktik fasisme dan represif (denazifikasi) dan "demiliterisasi", seperti dikutip Reuters.

Selama ini, Putin mengklaim sebagian penduduk Ukraina, terutama di wilayah timur negara itu yang dikuasai kelompok separatis pro-Rusia kerap menjadi target diskriminasi hingga genosida. 

Mayoritas penduduk di timur Ukraina seperti Donbas memang lebih fasih berbahasa Rusia dan dekat dengan kultur Negeri Beruang Merah.

Baca Juga: Kerap Netral, Swiss Ikut Uni Eropa Akan Sanksi Rusia

Selama ini, Rusia bahkan telah memberi status kewarganegaraan bagi sebagian penduduk di Donbas.

Putin juga meminta Ukraina mengakui secara resmi kontrol Rusia atas Crimea yang dicaplok Moskow dari Kiev pada 2014 lalu. Crimea merupakan bagian dari wilayah teritorial Ukraina yang terletak di selatan dan berbatasan langsung dengan Laut Hitam.

"Rusia terbuka untuk pembicaraan dengan perwakilan Ukraina dan mengharapkan (pembicaraan) mengarah pada hasil yang diinginkan," demikian bunyi pernyataan Kremlin.

Baca Juga: Puan Diundang Beri Pembekalan di Rapim TNI-Polri 2022

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X