Tim SAR China Ungkap Kondisi Kotak Hitam China Eastern Airlines Kondisinya Rusak Parah

- Rabu, 23 Maret 2022 | 22:47 WIB
 (Screenshoot instagram/@chinaesternvirtual.rfs)
(Screenshoot instagram/@chinaesternvirtual.rfs)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Salah satu kotak hitam yang berisi data kecelakaan pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines telah ditemukan pada Rabu (23/3/2022) sore.

Kotak hitam adalah peralatan teknis di pesawat yang dapat mengungkapkan alasan kecelakaan itu. China Eastern sendiri jatuh di wilayah selatan Guangxi, dan hingga kini belum ada korban selamat yang ditemukan.

Tim SAR China mengungkapkan kondisi kotak hitam pesawat China Eastern Airlines yang berhasil ditemukan di dekat Kota Wuzhou, Guangxi.

Pejabat Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) mengatakan perangkat tersebut dalam kondisi rusak parah. Dia juga mengatakan pihaknya masih melakukan investigasi terkait kotak hitam tersebut.

Baca Juga: Analis Penerbangan Sebut Jatuhnya Pesawat Boeing 737 - 800 China Mengejutkan

"Kami menemukan kotak hitam di tempat kejadian tetapi kotak hitam ini telah rusak parah di bagian luar, sehingga tim investigasi di garis depan masih memastikan apakah itu perekam data penerbangan atau perekam suara kokpit," kata kepala penyelidikan pesawat di CAAC, Mao Yanfeng dalam jumpa pers, seperti dikutip dari Reuters.

Mao menyebutkan, sebagian besar badan jet hancur saat ditemukan. Ia menduga, badan jet Boeing 737-800 tersebut hancur akibat benturan.

Mao juga mengatakan tim penyelamat sempat terhambat saat melakukan pencarian korban dan kotak hitam. Hal itu lantaran hujan deras mengguyur lokasi dan diperkirakan akan berlangsung selama sepekan.

Sebelumnya, kecelakaan Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines disebut sangat mengejutkan oleh para ahli. Pasalnya Boeing 737-800 memiliki catatan keselamatan pesawat yang sangat baik.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X