Alhamdulillah! Untuk Pertama Kalinya Dalam 88 Tahun, Masjid Hagia Sophia Gelar Salat Tarawih

- Minggu, 3 April 2022 | 10:55 WIB
Salat Tarawih yang dilakukan umat Islam setiap malam selama bulan suci Ramadan kembali dilaksanakan untuk pertama kalinya di Masjid Hagia Sophia-ilustrasi (Tangkapan layar instagram/@hagiasopia_grandmosque)
Salat Tarawih yang dilakukan umat Islam setiap malam selama bulan suci Ramadan kembali dilaksanakan untuk pertama kalinya di Masjid Hagia Sophia-ilustrasi (Tangkapan layar instagram/@hagiasopia_grandmosque)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Akhirnya sejak 88 tahun silam, Salat Tarawih yang dilakukan umat Islam setiap malam selama bulan suci Ramadan kembali dilaksanakan untuk pertama kalinya di Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Pada Juni 2020, pihak berwenang Turki mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid, sebuah langkah yang memicu gelombang kritik internasional.

"Alhamdulillah. Untuk pertama kalinya dalam 88 tahun, masjid... akan menyambut orang-orang beriman untuk salat Tarawih Ramadan ini," kata Ali Erbas kepala Diyanet, badan keagamaan Turki, dikutip dari AFP, Minggu (3/4)

Insyaallah momen indah ini akan saya saksikan dengan memimpin salat tarawih pertama," imbuhnya.

Baca Juga: Masjid Agung Kelapa Sunda Reborn

Diyanet menyebut salat mulai dilaksanakan di Hagia Sophia pada Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan suci Ramadan, mulai pekan ini.

Bangunan ini pertama kali dibangun sebagai katedral Kristen antara tahun 532 dan 537 M di bawah Kaisar Justinian I (Screenshoot instagram/@hagiasopia_grandmosque)

Meski bangunan ikonik yang sebelumnya digunakan sebagai museum ini diubah menjadi masjid pada 2020, pandemi virus corona membuat salat tidak bisa dilaksanakan di sana.

Bangunan ini pertama kali dibangun sebagai katedral Kristen antara tahun 532 dan 537 M di bawah Kaisar Justinian I dan dianggap sebagai struktur Bizantium yang paling penting.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X