Alasan Presiden Jokowi Tak Bisa Kirim Bantuan Senjata Ke Ukraina: Politik Bebas Aktif

- Jumat, 29 April 2022 | 23:05 WIB
Presiden Ukraina Kerap melaporkan kondisi negaranya via media sosial instagram (Screenshoot instagram/@zelenskiy_official)
Presiden Ukraina Kerap melaporkan kondisi negaranya via media sosial instagram (Screenshoot instagram/@zelenskiy_official)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Indonesia, Menurut Kepala Negara, menerapkan prinsip politik bebas aktif sehingga tidak diperbolehkan memasok senjata ke negara lain oleh konstitusi.

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia tak bisa mengirim bantuan senjata ke Ukraina, seperti permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke berbagai negara termasuk ke Indonesia.

"Saya menegaskan sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain," ungkap Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat (29/4).

Politik bebas aktif merupakan prinsip politik luar negeri Indonesia yang tertuang dalam Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri.

Baca Juga: Pengamat: Zelenskyy dan Putin mestinya penuhi undangan Jokowi hadiri G20 di Bali

Pasal 2 UU Nomor 37 Tahun 1999 menyebut politik luar negeri Indonesia tidak lepas dari tujuan nasional bangsa Indonesia. Hal itu merujuk alinea keempat pembukaan UUD 1945.

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia tak bisa mengirim bantuan senjata ke Ukraina, seperti permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke berbagai negara (Tangkapan layar instagram/@jokowi)

Bagian penjelasan Pasal 3 UU itu menjelaskan politik bebas aktif bukan politik netral. Politik bebas aktif politik luar negeri yang bebas menentukan sikap dan kebijaksanaan terhadap permasalahan internasional.

Meski demikian, Jokowi tak menutup pintu bantuan dari Indonesia untuk Ukraina. Jokowi berjanji akan menyediakan bantuan kemanusiaan untuk Ukraina.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Terkini

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X