Heboh Pengibaran Bendera LGBT Di Kedubes Inggris, Ini Beda Pendapat Dua Pengamat

- Selasa, 24 Mei 2022 | 13:51 WIB
Heboh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta mengunggah foto pengibaran bendera LGBT di samping bendera negaranya (Screenshoot instagram/@ukinindonesia)
Heboh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta mengunggah foto pengibaran bendera LGBT di samping bendera negaranya (Screenshoot instagram/@ukinindonesia)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Heboh Kedutaan Besar Inggris di Indonesia mengunggah foto pengibaran bendera LGBT di samping bendera negaranya melalui akun Instagram resminya.

Unggahan tersebut menuai kecaman dari warganet Indonesia. Kementerian Luar Negeri RI juga menilai tindakan Kedubes Inggris tidak sensitif.

Pengamat hubungan internasional Universitas Indonesia, Suzie Sudarman, menilai Indonesia tak berhak menjatuhkan sanksi apa pun terhadap duta besar Inggris di Jakarta, Owen Jenkins, terkait masalah pengibaran bendera LGBT.

"Tidak bisa memberi sanksi. Itu bagian diplomasi international liberalism dan kompleks kedutaan besar adalah masuk wilayah extraterritorial jadi tidak bisa diganggu (Indonesia)" ujar Suzie pada Selasa (24/5).

Baca Juga: Pemanggilan terhadap Dubes Inggris Sudah Tepat

Menurut Suzie, Indonesia boleh berkomentar atas tindakan tersebut. Namun, Indonesia tidak berhak untuk meminta Kedutaan Besar Inggris menurunkan bendera LGBT itu.

"Contoh, bila saya masuk ke kompleks kedutaan besar untuk mengungsi dan minta suaka di sana, Indonesia tidak bisa menangkap saya. Ini hukum internasional," ujar Suzie.

Berbeda dengan Suzie, pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, menilai tindakan pengibaran LGBT merupakan tindak ikut campur akan urusan dalam negeri Indonesia.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X