Drama Enam Pekan Persidangan Johnny Depp vs Amber Heard: Juri Lebih Memihak Depp, Heard Ajukan Banding!

- Jumat, 3 Juni 2022 | 12:00 WIB
Gugatan Johnny Depp atas Amber Heard dalam kasus pencemaran nama baik telah dimenangkan usai persidangan yang berjalan penuh drama selama enam pekan terakhir. (Screenshoot instagram/@johnnydeppnft)
Gugatan Johnny Depp atas Amber Heard dalam kasus pencemaran nama baik telah dimenangkan usai persidangan yang berjalan penuh drama selama enam pekan terakhir. (Screenshoot instagram/@johnnydeppnft)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Kemenangan Johnny Depp atas Amber Heard dalam sidang putusan kasus pencemaran nama baik pada Rabu (1/6) dirayakan oleh penggemar.

Warganet Amerika Serikat membanjiri media sosial dengan ucapan selamat hingga pujian kepada pihak Depp

Gugatan Johnny Depp atas Amber Heard dalam kasus pencemaran nama baik telah dimenangkan usai persidangan yang berjalan penuh drama selama enam pekan terakhir.

Pada Rabu (1/6) waktu Amerika Serikat, setelah juri berunding dalam ruang tertutup selama tujuh jam, tujuh juri yang terdiri dari lima orang pria dan dua orang perempuan memilih memihak Johnny Depp.

Baca Juga: Menunggu Vonis Pencemaran Nama Baik, Aktor Johnny Depp Mendadak Muncul di Konser Jeff Beck

Johnny Depp akan mendapatkan ganti rugi dari Amber Heard sebesar US$10,3 juta, setelah dikurangi dari US$15 juta akibat batasan ganti rugi sesuai hukum Virginia. Namun, ia juga harus membayar Amber Heard sebesar US$2 juta.

Hasil ini dianggap sebagai kejutan bagi dunia hukum Amerika Serikat. Pasalnya, dalam Amendemen Pertama yang biasa jadi dasar seseorang digugat akan pencemaran nama baik, tergugat biasanya akan terlindung dari hukuman.

Hal ini karena, dalam Amendemen Pertama dan pengalaman kasus New York Times Co vs LB Sullivan pada 1964, kritik terhadap figur publik adalah inti dari hak kebebasan berpendapat dan kebebasan pers di Amerika Serikat.

Meski begitu, sejumlah pengacara berpendapat bahwa penyebab juri lebih memilih untuk memihak Johnny Depp adalah karena mereka tidak yakin Amber Heard mengatakan yang sejujurnya.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB
X