Kota Kherson Sudah Dikuasai Tentara Rusia, 23 Warga Terima Paspor Dari Otoritas Pro Moskow

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 21:52 WIB
Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (11/6), terdapat 23 warga Kota Kherson menerima paspor Rusia. (Foto: Ilustrasi pexels/catharina)
Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (11/6), terdapat 23 warga Kota Kherson menerima paspor Rusia. (Foto: Ilustrasi pexels/catharina)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Paska Rusia telah menaklukkan sebagian besar wilayah Kherson pada awal serangan militer 24 Februari lalu, untuk pertama kalinya, otoritas di Kota Kherson membagikan paspor Rusia kepada penduduk setempat pada Sabtu (11/6).

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (11/6), terdapat 23 warga Kota Kherson menerima paspor Rusia. Penyerahan paspor itu dilakukan dalam sebuah upacara yang difasilitasi oleh sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada Mei lalu.

"Semua penduduk Kherson ingin mendapatkan paspor dan kewarganegaraan (Rusia) sesegera mungkin," klaim kepala pemerintahan pro-Moskow Vladimir Saldo.

"Ini adalah era baru yang sedang dimulai bagi kami. Ini adalah dokumen terpenting yang dapat dimiliki seseorang dalam hidup mereka," kata Saldo kepada agensi RIA Novosti.

Baca Juga: Imbas Perang di Ukraina, Lego Bakal Tutup 81 Toko di Rusia

Pihak berwenang di Kherson mengatakan waktu pembagian paspor kepada warga dipilih dengan mempertimbangkan jelang perayaan Russia Day, 12 Juni.

Perayaan itu dijadikan hari libur umum untuk menandai kemerdekaan Rusia sebagai bekas negara Uni Soviet.

Keputusan Rusia memberi wewenang kepada pemerintah setempat untuk memberikan paspor Rusia kepada penduduk setempat juga menyangkut wilayah Zaporizhzhia di dekatnya.

Ukraina mengecam langkah itu sebagai "pelanggaran" terhadap wilayah teritorialnya. Ukraina mengatakan bahwa dekrit Putin "tidak sah secara hukum".***

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemberian Beasiswa ASEAN-Maybank

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:08 WIB

Ada Restu China Dalam Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:57 WIB

Presiden Zelenskyy Yakin Ukraina Akan Menang

Minggu, 24 Juli 2022 | 14:44 WIB
X