Klarifikasi Mahathir Soal Seruan Negeri Jiran Harus Mengklaim Wilayah Kepulauan Riau

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:15 WIB
Mahathir mengaku hanya berusaha menunjukkan mengapa bangsa Malaysia sangat khawatir usai kehilangan wilayah bebatuan kecil seukuran meja (Screenshoot instagram/@chedetofficial)
Mahathir mengaku hanya berusaha menunjukkan mengapa bangsa Malaysia sangat khawatir usai kehilangan wilayah bebatuan kecil seukuran meja (Screenshoot instagram/@chedetofficial)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad akhirnya mengklarifikasi pernyataannya yang dibuat saat menjadi pembicara di sebuah pertemuan orang Melayu diartikan di luar konteks.

"Laporan soal apa yang saya sebut dalam pertemuan dengan orang Melayu itu tidak benar. Saya tak meminta Malaysia mengklaim wilayah yang sudah hilang," kata Mahathir dalam pernyataan resmi, Kamis (23/6).

Mahathir mengaku hanya berusaha menunjukkan mengapa bangsa Malaysia sangat khawatir usai kehilangan wilayah bebatuan kecil seukuran meja, tetapi biasa saja kala wilayah yang jauh lebih besar diambil dari mereka. 

"Kehilangan Pulau Batu Puteh bukan masalah besar. Itu kesalahan Gubernur Johor yang menolak pulau itu bagian dari Johor. Seandainya penolakan itu tidak dilayangkan, tidak akan ada perselisihan sekarang." kata Mahathir.

Baca Juga: Press Statement AirNav Indonesia Terkait Kecelakaan Susi Air

Mahathir lalu mengatakan Malaysia seharusnya bersyukur dan berterima kasih kepada Mahkamah Internasional karena sudah memutuskan bahwa Pulau Ligitan dan Sipadan merupakan bagian dari Negeri Jiran.

Sebelumnya Indonesia-Malaysia sempat bersengketa soal kepemilikan Pulau Ligitan dan Sipadan.

"Pulau itu sangat bernilai dari Pulau Batu Putih, yang hanya tumpukan batu. Kita harus berterima kasih kepada Indonesia tak mempermasalahkan penghargaan tersebut," kata dia.

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad akhirnya mengklarifikasi pernyataannya yang dibuat saat menjadi pembicara di sebuah pertemuan orang Melayu diartikan di luar konteks. (Screenshoot instagram/@chedetofficial)

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X