Sri Lanka Dinyatakan Bangkrut! KBRI di Kolombo Belum Putuskan Evakuasi Wajib Bagi WNI

- Kamis, 23 Juni 2022 | 23:32 WIB
Krisis valuta asing, lonjakan harga makanan, obat-obatan hingga bahan bakar minyak membuat Sri Lanka kini diklaim sebagai negara bangkrut! (Screenshoot instagram/@gotabayar)
Krisis valuta asing, lonjakan harga makanan, obat-obatan hingga bahan bakar minyak membuat Sri Lanka kini diklaim sebagai negara bangkrut! (Screenshoot instagram/@gotabayar)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Sri Lanka berada diambang kebangkrutan akibat krisis ekonomi dan politik di negara itu.

Krisis valuta asing, lonjakan harga makanan, obat-obatan hingga bahan bakar minyak membuat Sri Lanka kini diklaim sebagai negara bangkrut.

Menyikapi situasi tersebut Kedutaan Besar RI di Kolombo belum memutuskan melakukan evakuasi wajib bagi warga negara Indonesia (WNI) di Sri Lanka.

"KBRI belum memutuskan mengumumkan evakuasi wajib (mandatory evacuation) bagi WNI yang tinggal di Sri Lanka," ujar pejabat konsuler KBRI Kolombo, Heru Prayitno, pada Rabu (22/6).

Baca Juga: Terlukalah Sampai Kau Mampus!

Meski begitu, KBRI mendukung dan membantu WNI yang memutuskan meninggalkan Sri Lanka atau evakuasi mandiri karena krisis.

Heru menyatakan KBRI juga telah menyusun rencana kontijensi guna membantu WNI jika situasi terus memburuk dan segera memerlukan penanganan.

"KBRI telah menyusun rencana kontijensi guna membantu WNI jika situasi terus memburuk dan segera memerlukan penanganan. Dalam kaitan ini KBRI selalu konsultasi dengan Kemlu Pusat dan koordinasi dengan otoritas Pemerintah Sri Lanka," ucap dia.

KBRI, lanjut Heru, juga telah menyiapkan kebutuhan sembako bagi WNI yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X