Kunjungan Presiden Jokowi ke Negara Konflik Dapat Perhatian Pers Italia

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 13:24 WIB
Momen bersejarah saat Presiden Jokowi mendatangai langsung Vladimir Putin di Kremlin Moscow (Screenshoot instagram/@sekretariat.kabinet)
Momen bersejarah saat Presiden Jokowi mendatangai langsung Vladimir Putin di Kremlin Moscow (Screenshoot instagram/@sekretariat.kabinet)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com Upaya Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menemui dua kepala negara, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang sedang berkonflik, mendapat perhatian dari sejumlah media di Italia.

Koran nasional Corriere Della Sera pada laman mereka menuliskan, Indonesia membuat langkah mengejutkan dengan mengundang Putin dan Zelenskiy ke KTT G20 di Indonesia, sekaligus menawarkan diri menjadi penengah antara Rusia dan Ukraina.

Dalam berita itu disebutkan, Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengharapkan partisipasi Vladimir Putin “dari jarak jauh” di G20 berikutnya, yang akan diadakan pada November 2022.

Dilansir dari Haloeropa.com, Menurut PM Draghi, itu adalah cara untuk menghukum presiden Rusia dengan secara fisik menekankan jarak dan keterasingannya dari para pemimpin lainnya.

Baca Juga: Bidadari Voli Timnas Thailand Hattaya Bamrungsuk, Selalu Curi Perhatian Warganet

Tetapi kepresidenan bergilir G20 itu adalah milik Indonesia dan presiden negara itu memiliki ide yang berbeda, yaitu menggunakan KTT yang akan digelar di Bali itu, untuk melanjutkan dialog antara Putin dan Zelensky.

Selain itu, Draghi juga mengatakan, inisiatif Joko Widodo berbicara banyak tentang pendekatan yang berbeda antara kita orang Barat, dan bahwa mayoritas negara yang telah memilih bentuk “non-blok”, misalnya dengan menahan diri dari menerapkan sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Jokowi meluncurkan inisiatif diplomatiknya beberapa hari ini, dekat dengan KTT G7 dan NATO, yang pertama kali diundang sebagai pengamat.

Baca Juga: Doa Lintas Agama dari Polri untuk Indonesia

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X