ASEAN-China Tukar Pengalaman Penanganan Industri Penerbangan Selama Pandemi

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 17:42 WIB
ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (China) mengadakan kerja sama (a)
ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (China) mengadakan kerja sama (a)



JAKARTA.suaramerdeka-Jakarta.com – Tahun ini, ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (China) kembali mengadakan kerja sama bidang transportasi udara melalui forum komunikasi setingkat Direktur, guna membahas implementasi Perjanjian Hubungan Udara ASEANChina _(ASEAN-China Air Transport Agreement)_,.

Dibahas juga aspek operasional dan kerja sama teknis di bidang penerbangan melalui _13th ASEAN - China Working Group on Regional Air Services Arrangement (13th ACWG-RASA)_ secara virtual pada 12-13 Juli 2022. Adapun delegasi Indonesia dan Sekretariat ASEAN hadir bersama secara fisik di Solo.

“Pertemuan sekali setahun ini dilaksanakan secara bergantian antara RRT dan Indonesia sebagai _lead country_ kerja sama bidang transportasi udara antara ASEAN - China,” jelas Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono (13/7) di Jakarta.

Baca Juga: UMB Gelar Bazar Amal dan Donor Darah

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 banyak sekali membawa dampak dan perubahan di semua bidang, tidak terkecuali transportasi udara di seluruh dunia. Namun belakangan ini, semakin banyak negara yang menunjukkan perkembangan baik dalam menghadapi masa pandemi, banyak batas negara yang dibuka, dan kebijakan pelonggaran yang diberlakukan.

“Negara anggota ASEAN juga dalam tahap menuju hal ini dan berharap China juga secara bertahap memberlakukan hal yang sama,” ujarnya.

Untuk itu diperlukan saling bertukar pandangan dan pengalaman dalam menangani transportasi udara selama masa pandemi, dan juga berbagi kiat atau strategi dalan menanganinya, yang tentunya akan membantu menghidupkan kembali industri penerbangan.

Baca Juga: Sido Muncul Gelar Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit di Wonosobo

“Kerangka kerja sama ASEAN-China ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan memberikan stimulus terhadap perekonomian China dan negara-negara anggota ASEAN,” katanya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mewakili Pemerintah Indonesia, merasa bangga menjadi tuan rumah pertemuan _13th ASEAN-China Working Group on Regional Air Services Agreement_ ini.

“Kami mengapresiasi China atas kerja sama dan koordinasi yang baik dalam melewati segala tantangan selama masa pandemi, khususnya di sektor transportasi udara, semoga ke depannya lebih baik lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Menhub Uji Coba Runway Bandara Halim Hasil Revitalisasi

Sebagai informasi, pada pertemuan ini akan dibahas agenda sebagai berikut :
1. Hasil Pertemuan _20th ASEAN-China Transport Minister (20th ATM + China), 20th ASEAN-China Senior Transport Officials (20th STOM + China)_ dan pertemuan terkait lainnya;
2. Pengembangan transportasi udara di wilayah ASEAN khususnya pada kemajuan _ASEAN Open Skies_ dan pengembangan _ASEAN Single Aviation Market (ASAM)_;
3. Perkembangan pembukaan kembali international border dari masing-masing negara, yang juga akan dimanfaatkan China untuk menyampaikan presentasi terkait _aero-medical regulations on preventing COVID-19_ dan terkait _commercial service application of logistics with unmanned aerial vehicle (UAV)_ di China.

Baca Juga: Ini Lho SE Perjalanan Dalam dan Luar Negeri Terbaru
4. Implementasi _ASEAN – China Air Transport Agreement (AC – ATA)_. Indonesia dalam hal ini akan mengusulkan perubahan poin Mataram menjadi Lombok pada _Protocol 2 (Unlimited Fifth Freedom Traffic Rights between Contracting Parties)_ dan _Protocol 3 (The Expansion of Fifth Freedom Traffic Rights between Contracting Parties) AC-ATA_;
5. Presentasi dari _Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC)_ terkait produk utamanya yakni ARJ21 dan C919 serta pelayanan terkait lainnya untuk menunjang _ASEAN Market_

Baca Juga: Masyarakat Diajak Bermedia Sosial dengan Bijak
***

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X