Putin Klaim AL Rusia Punya Rudal Hipersonik Terbaru Yang Mematikan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 17:11 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan angkatan lautnya akan memiliki teknologi rudal hipersonik baru dalam beberapa minggu ke depan. (Screenshoot instagram/@leadervladimirputin)
Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan angkatan lautnya akan memiliki teknologi rudal hipersonik baru dalam beberapa minggu ke depan. (Screenshoot instagram/@leadervladimirputin)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
AS, China, dan Rusia terus berlomba mengembangkan senjata baru, terutama teknologi hipersonik yang mematikan.

Terkini, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan angkatan lautnya akan memiliki teknologi rudal hipersonik baru dalam beberapa minggu ke depan.

Putin mengklaim uji coba rudal yang dinamai 3M22 Zicron itu telah selesai dan bisa langsung dioperasikan Angkatan Laut Rusia akhir tahun ini.

Ia mengatakan rudal itu akan dipasang di kapal fregat Admiral Gorshkov dan penempatan akan bergantung pada kepentingan Rusia saat itu.

Baca Juga: Make A Wish, Kolaborasi Film 12 Cerita Glen Anggara x Kitabisa Wujudkan Keinginan 12 Orang Indonesia

"Kunci utama di sini adalah soal kapabilitas Angkatan Laut Rusia yang akan dapat menanggapi secepat kilat seluruh pihak yang ingin mengganggu kedaulatan dan kebebasan Rusia," kata Putin dalam pidatonya di Peringatan Hari Angkatan Laut Rusia di St Petersburg pada Minggu (31/7), seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, sejumlah sumber militer Rusia mengatakan uji coba Zicron telah rampung dan kini tengah memproses dokumen finalisasi pengerahan rudal tersebut.

"(Zicron) diperkirakan bisa dioperasikan ke kapal militer pada September ini," ucap seorang sumber militer Rusia kepada kantor berita Rusia, TASS.

Putin terus memamerkan pengembangan Zicron selama beberapa tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X