Dieny Tjokro,Dubes RI di Ekuador 2016-2020: Banyak yang bisa dipetik dari Ekuador:

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:51 WIB
Dien Tjokro,Dubes RI di Ekuador 2016-2020 (Budi Nugraha)
Dien Tjokro,Dubes RI di Ekuador 2016-2020 (Budi Nugraha)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com.

BAGI kebanyakan orang Indonesia mungkin belum terlalu banyak yang "akrab" dengan nama negara Ekuador. Kecuali bagi penggemar sepakbola,dimana nama Equador,walau prestasinya masih di bawah negara-negara Amerika Latin lain seperti Chili dan Uruguay,cukup eksis dalam kancah persepakbolaan Amerika Latin.


Ekuador diketahui merupakan sebuah negara yang tepat di jalur khatulistiwa , sehingga namanyapun disebut -equator-. Bersama negara Amerika Latin lain,Bolivia,Ekuador adalah salah satu negara yang geografisnya berada diketinggian sehingga kerap dijuluki negara diufuk langit.


Menurut mantan Dubes  RI di Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono, yang akrab dipanggil Dieny Tjokro. Meski hubungan diplomatik Indonesia-Ekuador belum berjalan terlalu lama karena sebelumnya dibawah naungan Kedubes RI di Peru, ada banyak hal yang bisa dipetik dari negeri berpenduduk 17 juta orang itu,  diantaranya pola asuh anak, kebersihan dan kedisiplinan.

Baca Juga: Update Klasemen Sementara, Top Skor dan Hasil Lengkap Pertandingan Pekan Kedua BRI Liga 1, Persib Zona Merah


" Pemerintah sangat memuliakan dan menghargai anak, sehingga pola asuh di negeri tersebut amat baik, termasuk pendidikan anak usia dini yang di kita disebut PAUD," kata Dieny Tjokro.


Menurut dia,demi memberikan pengasuhan yang maksimal terhadap anak-anak,di seantero negeri Ekuador baik kota kota besar,kota sedang dan kota kota kecil  bertebaran taman-taman bermain yang diperuntukkan bagi anak-anak. Hal ini lanjut dia berujung pada baiknya sistem pendidikan di negara bekas jajahan Spanyol tersebut.


Dalam hal ini,sambung dia bisa dicontoh oleh negara manapun mengingat anak-anak merupakan pewaris masa depan." Dimana-mana taman-taman bermain,sungguh menyenangkan,"ungkap dia.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Annie Ernaux Raih Nobel Sastra 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:28 WIB

Pameran Buku Frankfurt ke-74 Siap Digelar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:46 WIB

Ukraina Didorong Ciptakan Perdamaian dengan Rusia

Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:37 WIB
X