Bikin Happy, Dubes Ukraina Sambut Baik Kembalinya Impor Gandum Oleh Indonesia

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:42 WIB
Dubes Ukraina Sambut Baik Kembalinya Impor Gandum Oleh Indonesia (Istimewa )
Dubes Ukraina Sambut Baik Kembalinya Impor Gandum Oleh Indonesia (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-  Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin menyambut baik kembalinya impor gandum Ukraina oleh Indonesia melalui Pelabuhan Odessa setelah berbulan-bulan dihambat aksi militer Rusia.

“Saya sangat gembira dengan keberhasilan pengiriman 50.000 ton gandum Ukraina melalui Pelabuhan Odessa. Ini adalah wujud kemenangan bangsa Ukraina mengusir penjajah Rusia yang telah berbulan melakukan blokade laut,” tuturnya, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Bohong

Blokade laut Rusia, lanjutnya, berakhir berkat keberhasilan pasukan Ukraina merebut Pulau Zmiiniy (Pulau Ular) di Laut Hitam dekat kota pelabuhan Odesa pada 30 Juni 2022. Meski demikian, Rusia masih berupaya melakukan serangan terhadap wilayah Odessa.

“Bohong jika Rusia menyerahkan Odessa sebagai niat baik. Pada 24 Juli mereka masih menyerang wilayah Odessa sehari setelah kesepakatan Rusia-Ukraina untuk membuka keran ekspor gandum dari pelabuhan itu ditandatangani,” tuturnya.

Dubes Ukraina Sambut Baik Kembalinya Impor Gandum Oleh Indonesia (Istimewa )

Menurut Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin bangsa Ukraina mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah dating secara langsung ke Ukraina dan Rusia untuk menawarkan solusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan global yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Akan Wajibkan Presiden Nonton Film Pesantren.

Presiden Jokowi pada kunjungan awal Juli membawa proposal koridor pangan, skema yang sebelumnya pernah disampaikan beberapa negara. “Kami berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kehadirannya yang membuat penjajah Rusia mendapatkan tekanan internasional lebih besar sehingga blokade perdagangan segera berakhir.”

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Annie Ernaux Raih Nobel Sastra 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:28 WIB

Pameran Buku Frankfurt ke-74 Siap Digelar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:46 WIB

Ukraina Didorong Ciptakan Perdamaian dengan Rusia

Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:37 WIB
X