Pemberian Beasiswa ASEAN-Maybank

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:08 WIB
CEO Maybank Foundation, Chairman Maybank, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Presiden Direktur Maybank Indonesia bersama dengan penerima beasiswa ASEAN-Maybank di acara perayaan Hari ASEAN ke 55
CEO Maybank Foundation, Chairman Maybank, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Presiden Direktur Maybank Indonesia bersama dengan penerima beasiswa ASEAN-Maybank di acara perayaan Hari ASEAN ke 55

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Maybank menganugerahkan tiga program beasiswa perdana, ASEAN-Maybank (AMS) untuk periode 2022. Program beasiswa tersebut merupakan yang pertama kalinya dibentuk melalui kerjasama antara institusi yang beroperasi di tingkat regional dengan Sekretariat ASEAN.

Tiga mahasiswa asal Kamboja, Malaysia dan Myanmar menerima program beasiswa AMS bertepatan dengan peringatan hari ASEAN ke-55 hari ini di Jakarta, dihadiri oleh Y.M. Dato Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa, Chairman Maybank.

Dalam sambutannya, Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima beasiswa dan turut berbangga atas jalinan kerjasama dengan Sekretariat ASEAN dalam memfinalisasi para penerima program beasiswa tersebut.

Baca Juga: Kader dan Simpatisan Gerindra Dampingi Prabowo Daftar Pemilu di KPU

“Kami cukup terkesan dengan respon yang diterima sejak program ASEAN-Maybank pertama kali diperkenalkan pada April 2022 lalu. Jumlah pendaftar beasiswa tercatat mencapai 2,412 orang berasal dari 10 negara anggota ASEAN. Dengan penganugerahan beasiswa kepada tiga orang penerima pada hari ini, diharapkan dapat membuka peluang bagi lebih banyak  mahasiswa di kawasan ASEAN yang akan terekspose dengan program beasiswa ini serta dapat memperbesar cakupan keikutsertaan mereka, sejalan dengan apsirasi Maybank untuk mendukung agenda ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 serta arahan Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khususnya terkait akses pendidikan yang berkualitas dan inklusif.”

Program beasiswa AMS dirancang untuk memberikan full scholarship bagi para mahasiswa berbakat dari negara-negara anggota ASEAN, terutama, yang berasal dari kelompok keluarga berpenghasilan rendah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di serangkaian perguruan tinggi ternama yang tersebar di ASEAN. Penganugerahan beasiswa pada tahap pertama tahun ini dimulai dengan tiga penerima program beasiswa, namun secara bertahap jumlah penerima akan ditingkatkan menjadi 10 orang per tahun mulai pada 2025 dan seterusnya.

Maybank menginvestasikan dana sebesar RM5 juta guna merealisasikan program beasiswa AMS pada tahap pertama sampai dengan 2025, didorong oleh komitmen Maybank untuk menciptakan dampak   berkelanjutan dalam kegiatan bisnisnya, terutama bagi kelangsungan pendidikan bagi para pemuda di ASEAN. Berikut adalah daftar tiga peserta penerima program beasiswa tersebut, yaitu:

Baca Juga: Megawati Semangati Ibu Hamil agar Tegar Jalani Proses Mengandung

Nama Kewarganegaraan Universitas Jurusan
Ream Chan Sovath Kamboja National University, Singapore Bachelor in Data Analytics
Thien Zhong Suyen Malaysia Nanyang Technological University, Singapore Bachelor of Engineering in Information and Media
Okkthohn Aung Myanmar Chiang Mai University, Thailand Bachelor of Economics

Sekretaris Jenderal ASEAN, Y.M. Dato Lim Jock Hoi, menyampaikan, “Sebagai entitas yang terasosiasi dengan ASEAN, Maybank Foundation secara aktif mendorong inklusi keuangan di seluruh wilayah ASEAN. Kerjasama yang diwujudkan melalui program beasiswa ASEAN-Maybank diharapkan dapat mendukung mobilitas masyarakat di kawasan ASEAN dengan mengedepankan identitas dan nilai-nilai budaya.”

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Annie Ernaux Raih Nobel Sastra 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 22:28 WIB

Pameran Buku Frankfurt ke-74 Siap Digelar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:46 WIB

Ukraina Didorong Ciptakan Perdamaian dengan Rusia

Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:37 WIB
X