Mimbar Bagi Penulis dan Penerbit Ukraina di Pameran Buku Frankfurt 2022

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:53 WIB
Berbagai kegiatan meramaikan Pameran Buku Frankfurt.  (Sumber: Situs Frankfurter Buchmesse)
Berbagai kegiatan meramaikan Pameran Buku Frankfurt. (Sumber: Situs Frankfurter Buchmesse)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com -  Pameran buku terakbar di dunia, Frankfurt Book Fair ke-74 (Frankfurter Buchmesse) akan kembali berlangsung pada 19-23 Oktober 2022. Lebih dari 4.000 peserta pameran dari sekitar 65 negara akan hadir dalam pameran yang sudah berlangsung lebih dari 70 tahun secara ajeg.

Salah satu prinsip dasar yang dipegang oleh Frankfurter Buchmesse adalah demokrasi. “Sebagai tempat persamuhan bagi orang-orang yang datang dari lebih 100 negara, Frankfurter Buchmesse berkembang pesat dengan keragaman para peserta dan pengunjungnya,” ujar Juergen Boos, Direktur Frankfurter Buchmesse.

“Prinsip-prinsip dasar demokrasi adalah DNA dari Frankfurter Buchmesse; kami tegak mewakili masyarakat yang beragam, untuk pluralitas dan upaya melawan diskriminasi dalam bentuk apa pun. Saat ini kami sedang mengembangkan berbagai topik, format, dan langkah-langkah yang terfokus agar dapat memperlihatkan nilai-nilai fundamental ini,” lanjutnya.

Baca Juga: Pameran Buku Frankfurt ke-74 Siap Digelar

Karena itulah mengapa Frankfurter Buchmesse menyoroti isi politik terkini, yaitu Perang Rusia-Ukraina. “Kami ingin berfokus pada prinsip-prinsip demokrasi, menyoroti berbagai kelompok literasi yang berbeda-beda dalam pameran ini dan merayakan keragaman industri buku. Mengingat situasi politik saat ini, salah satu aspek yang sangat penting bagi kami pada tahun ini adalah menawarkan mimbar bagi para penerbit dan penulis Ukraina.”

Frankfurter Buchmesse bekerja dengan sejumlah mitra untuk mengembangkan pelbagai topik untuk itu, termasuk dengan German Federal Agency for Civic Education, Association for Anti-Discrimination and Educational Work, dan Pusat Demokrasi Hessen, dan HKE—sebuah lembaga negara bagian Hessen untuk memerangi ekstremisme.

Sebagai bentuk dukungan kepada Ukraina Frankfurter Buchmesse telah meluncurkan program “Frankfurt untuk Ukraina” untuk mendukung dunia penerbitan Ukraina yang antara lain berisi program pengumpulan donasi bekerjasama dengan antara lain dengan Ukrainian Publishers and Booksellers Association (UPBA) dan organisasi German Publishers and Booksellers Association.
Frankfurter Buchmesse juga bekerja sama dengan Ukrainian Book Institute untuk menyediakan stan gratis bagi Ukraina di arena Pameran Buku Frankfurt 2022.

ArchBaca Juga: Arch Hades, Penyair Termahal Sepanjang Masa

Bentuk dukungan lain yang diberikan Frankfurter Buchmesse kepada Ukraina adalah memamerkan koleksi buku yang menampilkan penulis dan ilustrator Ukraina yang diterbitkan di Jerman di stan kolektif Jerman di berbagai pameran buku internasional.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X