Spanyol Jadi Tamu Kehormatan di Pameran Buku Frankfurt 2022

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:03 WIB
Indonesia pernah menjadi Tamu Kehormatan Pameran Buku Frankfurt pada 2015. (Sumber: Situs Frankfurter Buchmesse)
Indonesia pernah menjadi Tamu Kehormatan Pameran Buku Frankfurt pada 2015. (Sumber: Situs Frankfurter Buchmesse)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com –  Pameran Buku Frankfurt (Frankfurter Buchmesse) akan kembali digelar pada 19–23 Oktober 2022.  Frankfurt Book Fair ke-74 ini akan dihadiri lebih dari 4.000 para profesional penerbitan sekitar 65 negara di dunia.

“Industri buku internasional berkembang dengan pesat saat orang-orang berkumpul dan berinteraksi: setelah dua tahun pandemi, ada keinginan besar untuk dapat bertemu muka dengan para profesional penerbitan yang lain,” kata Juergen Boos, Direktur Frankfurter Buchmesse.

Sejak penyelenggaraan pameran pada 1976, Frankfurter Buchmesse mulai memperkenalkan istilah Tamu Kehormatan (guest of honour), yang diberikan kepada satu negara pada setiap tahunnya. Pada tahun 1976 itu Tamu Kehormatan diberikan kepada Amerika Selatan.

Baca Juga: Arch Hades, Penyair Termahal Sepanjang Masa

Setiap Tamu Kehormatan akan mendapatkan kesempatan khusus untuk ditampilkan. Mulai dari bangsal pameran khusus, acara-acara dan berbagai penampilan seni budaya yang berlangsung tidak hanya di area pameran.

Pada tahun ini Spanyol terpilih menjadi Tamu Kehormatan. Dengan mengusung moto “Creatividad desbordante/Mencurahkan Kreativitas”, Spanyol akan memamerkan keragaman sastra dan budayanya di Frankfurt. Spanyol akan menempati Paviliun Tamu Kehormatan yang dirancang khusus di Forum yang terdapat di Lantai 1.

Berbagai acara akan menampilkan para penulis dari Spanyol, juga pertunjukan dari peserta pameran dan penerbit dari seluruh negeri Spanyol, termasuk dari beberapa wilayah otonomi Spanyol, seperti Galicia, Katalonia dan Basque.

Baca Juga: Arch Hades dan Gelombang Penyair Instagram

Stan-stan peserta secara tersendiri akan hadir di pameran. Tagar #tapasliterarias juga telah diluncurkan di Instagram untuk membangkitkan minat semua orang terhadap sastra Spanyol. Para staf Frankfurter Buchmesse, para penerbit, penulis, penerjemah, dan editor akan menyoroti sekitar 150 judul buku baru yang diterbitkan dalam bahasa Jerman bersamaan dengan tampilnya Spanyol sebagai Tamu Kehormatan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB

Krisis di Myanmar Berpotensi Ganggu Stabilitas Kawasan

Kamis, 24 November 2022 | 16:11 WIB
X