Raja Spanyol dan Presiden Jerman akan Hadir di Pembukaan Pameran Buku Frankfurt 2022

- Sabtu, 8 Oktober 2022 | 20:47 WIB
Suasana di Agora, Pameran Buku Frankfurt. ((Sumber: Frankfurter Buchmesse))
Suasana di Agora, Pameran Buku Frankfurt. ((Sumber: Frankfurter Buchmesse))

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com –  Acara pembukaan Pameran Buku Frankfurt ke-74 pada 18 Oktober 2022 akan dihadiri oleh Raja Spanyol Raja Felipe beserta Ratu Letizia dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Pembicara lainnya yang akan tampil acara pembukaan adalah Perdana Menteri Hessen, Boris Rhein, Ketua German Publishers & Booksellers Association, Karin Schmidt-Friderichs, dan keynote speaker dari Spanyol, Irene Vallejo and Antonio Muñoz Molina. Acara akan berlangsung dengan kehadiran para undangan dan disiarkan pula secara streaming.

“Pasar buku yang berkembang pesat, multibahasa yang dinamis, dan sastra yang beragam: 31 tahun setelah penampilan pertamanya sebagai Tamu Kehormatan, Spanyol sekali lagi mengundang para pengunjung pameran buku untuk mengenal kekayaan budaya negara terbesar ketiga di Eropa,” kata Juergen Boos, Direktur Frankfurter Buchmesse.

Baca Juga: Annie Ernaux Raih Nobel Sastra 2022

“Dan akan ada banyak hal yang bisa ditemukan. Delegasi dari Spanyol akan terdiri dari sekitar 200 penulis, penerjemah, dan orang-orang kreatif—para ahli yang telah berkiprah dalam sastra kontemporer negara itu," lanjutnya.

“Dengan moto 'Creatividad Desbordante—Mencurahkan Kreativitas', Paviliun Tamu Kehormatan akan menawarkan ruang untuk interaksi dan pertukaran, dirancang untuk menjadi kamus hidup yang menghubungkan kata, bahasa, dan cerita. Saya tidak sabar menantinya dan sangat senang karena Raja Spanyol dan Ratu serta Presiden Jerman akan berkesempatan untuk mengunjungi Frankfurter Buchmesse,” ujar Juergen Boos.

Beberapa sastrawan Spanyol yang paling terkemuka akan hadir di pameran buku, antara lain Rosa Montero, Arturo Pérez Reverte, Elvira Lindo, Manuel Vilas, Javier Cercas, Elvira Sastre, Daniel Gascón, José Carlos Llop, dan penulis Cristina Morales.

Baca Juga: Annie Ernaux: ‘Menulis Membuka Mata terhadap Kesenjangan Sosial’

Beberapa penulis dan pakar dari Ukraina, seperti Serhiy Zhadan, Katja Petrowskaja, Kateryna Mishchenko, Nataliya Gumenyuk, Peter Pomerantsev, Aliona Karavai, Andrey Kurkov, dan Karl Schlögel, juga akan hadir di Frankfurt. Mereka akan membahas topik-topik seperti budaya, kebijakan budaya, dan media pada masa perang.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X