Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan tampil pada Pameran Buku Frankfurt 2022

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 11:54 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Sumber: Frankfurter Buchmesse)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Sumber: Frankfurter Buchmesse)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan hadir pada Pameran Buku Frankfurt 2022 melalui tautan video pada Kamis 20 Oktober 2022. Zelenskyy tampil atas undangan bersama Frankfurter Buchmesse dan Federasi Penerbit Eropa, Pidatonya akan dilanjutkan dengan pidato Komisioner Eropa untuk Kebudayaan Mariya Gabriel. Acara ini akan terbuka untuk umum dan akan berlangsung di Ruang Harmonie di Pusat Kongres.

Buku adalah kunci bagi dunia yang lebih baik, oleh karena itu keberlangsungan dunia perbukuan di Ukraina harus tetap berlanjut. Upaya agar sastra dan perbukuan Ukraina dapat tampil di Pameran Buku Frankfurt dengan stan besar (Aula 4.1 B114) merupakan tindakan perlawanan terhadap upaya untuk memusnahkan budaya Ukraina. Adalah tugas dunia perbukuan untuk mendukung upaya rekan-rekan dari Ukraina untuk melestarikan dan mempromosikan buku-buku mereka.

Baca Juga: Mimbar Bagi Penulis dan Penerbit Ukraina di Pameran Buku Frankfurt 2022

Penerbit Eropa dan penerbit dari seluruh dunia telah menunjukkan dukungan, tetapi masih banyak yang harus dilakukan, termasuk dengan dukungan dari pemerintah.Komisioner Kebudayaan Eropa telah secara aktif terlibat dalam mengembangkan bantuan ke Ukraina sejak hari-hari pertama perang. Setelah mengunjungi pameran, dia akan berbicara dengan para delegasi tentang perkembangan khusus di tingkat Eropa yang mempengaruhi dunia buku.

Peter Kraus vom Cleff, Presiden Federasi Penerbit Eropa dan Direktur Pelaksana Asosiasi Penerbit dan Penjual Buku Jerman, mengatakan “Sejak awal invasi, FEP bersama dengan Börsenverein des Deutschen Buchhandels, telah menjangkau rekan-rekan di Ukraina dan menawarkan mendukung. Apa yang dilakukan Ukraina sekarang, adalah membela hak-hak dan nilai-nilai kita. Seluruh komunitas buku harus melanjutkan keterlibatannya sehingga penerbitan di Ukraina dapat tetap hidup. Saya berterima kasih kepada Presiden Zelenskyy karena telah bersedia tampil di Frankfurt dan mengundang semua rekan untuk bergabung untuk mendengarkan dia dan Komisioner Kebudayaan.”

Baca Juga: Raja Spanyol dan Presiden Jerman akan Hadir di Pembukaan Pameran Buku Frankfurt 2022

Juergen Boos, Presiden dan CEO Frankfurter Buchmesse, mengatakan “Frankfurt Book Fair telah menjalin hubungan akrab dengan penerbit, penulis, dan institusi terkait di Ukraina selama bertahun-tahun dan telah menyelenggarakan berbagai partisipasi pameran dagang, kursus pelatihan penerbit, dan program spesialis. dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini, sangat penting bagi kami untuk mengaktifkan dan mendukung jaringan kolega Ukraina dengan mitra mereka di seluruh dunia, dan memberi kesempatan kepada para intelektual, penerbit, penulis, dan pekerja budaya Ukraina menyampaikan pendapat mereka di Pameran Buku Frankfurt dan melaporkan situasi saat ini.”

(Ready Susanto)

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB
X