Arab Saudi Izinkan Perempuan Beribadah Haji dan Umrah Tanpa Wali Laki-laki Atau Mahram

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:16 WIB
Arab Saudi mengumumkan bahwa perempuan kini diizinkan beribadah haji dan umrah tanpa wali laki-laki atau mahram (Tangkapan layar instagram/@saudi.arabia)
Arab Saudi mengumumkan bahwa perempuan kini diizinkan beribadah haji dan umrah tanpa wali laki-laki atau mahram (Tangkapan layar instagram/@saudi.arabia)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Sejak era Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) memegang kuasa pada 2017, perempuan diberikan izin dalam berbagai hal.

Terkini Arab Saudi mengumumkan bahwa perempuan kini diizinkan beribadah haji dan umrah tanpa wali laki-laki atau mahram.

Arab News melaporkan bahwa Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, mengumumkan keputusan ini dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Saudi di Kairo, Mesir, pada Selasa (11/10).

Penasihat Layanan Haji dan Umrah Saudi, Ahmed Saleh Halabi, kemudian mengatakan bahwa perempuan yang beribadah tanpa mahram harus tetap ditemani wanita atau pihak lain.

Baca Juga: Masyarakat Pulau Dewata Siap Sukseskan KTT G20

Halabi mengatakan bahwa keputusan ini sesuai dengan fatwa pengawas AlAzhar AlSharif di Mesir, Abbas Shoman, pada Maret lalu.

Abbas Shoman mengumumkan pada Maret lalu bahwa perempuan diizinkan melaksanakan haji dan umrah tanpa mahram," katanya.

Pada Maret lalu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi juga sudah mengumumkan bahwa mereka mengizinkan perempuan beribadah umrah tanpa mahram.

Mantan penasihat Kementerian Haji dan Umrah Saudi, Faten Ibrahim Hussein, mengatakan bahwa keputusan ini mempermudah perempuan yang selama ini kesulitan mencari mahram di tengah berbagai keterbatasan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Final Road to UFC : Jeka Saragih vs Anshul Jubli

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:14 WIB

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X