Pameran Buku Frankfurt 2022 Dihadiri 90.000-an Pengunjung Profesional

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 09:30 WIB
 (Sumber: Frankfurter Buchmesse)
(Sumber: Frankfurter Buchmesse)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.comPameran Buku Frankfurt ke-74 yang berlangsung pada 19-23 Oktober 2022 di Frankfurt, Jerman, mencatat peningkatan jumlah pengunjung yang siginifikan. Sampai hari penutupan tercatat sekitar 90.000 pengunjung hadir dari sekitar 100 negara berbeda. “Program perdagangan internasional yang kuat dan 4.000 peserta pameran dari 95 negara telah menarik banyak pengunjung perdagangan ke Frankfurter Buchmesse. Jumlah pengunjung melebihi perkiraan kami,” kata Juergen Boos, Direktur Frankfurter Buchmesse.

“Kami memandang ini … sebagai sebuah keberhasilan,” lanjutnya dalam saran persnya. Pameran Buku Frankfurt ke-74 pada 2022 kembali dapat berlangsung dengan kapasitas penuh setelah pada 2020 dan 2021 sempat dibatasai karena pandemi.

Baca Juga: Kronik Pameran Buku Frankfurt (6): Indonesia, 17.000 Pulau Imaji

Keramaian perdagangan lisensi, hak cipta, dan distribusi di Frankfurt Book Fair didukung pula oleh program perdagangan digital–yang terselenggara berkat dukungan Masterclasses dan format jaringan digital The Hof. Dengan demikian para profesional industri perbukuan berkesempatan untuk menjaga dan memperluas jaringan mereka secara virtual. Sekitar 1.700 peserta bisa bergabung dengan program profesional yang berlangsung selama dua hari di Forum Perspektif Penerbitan, yang menampilkan Peter Warwick, Presiden dan CEO, Scholastic; Charlie Redmayne, CEO HarperCollins Inggris; Jonny Geller, CEO Curtis Brown, dan Núria Cabutí, CEO, Penguin Random House Grupo Editorial, dan banyak lagi pembicara.

The Literary Agents & Scouts Centre (LitAg) terisi penuh dengan sekitar 300 lembaga yang telah memesan lebih dari 450 meja. Menurut majalah industri perbukuan Inggris The Bookseller, lelang untuk hak terjemahan buku pemenang Booker Prize, Shenan Karunatilaka, The Seven Moons of Maali Almeida berlangsung di LitAg. Beberapa penerbit dari Polandia, Portugal, Hongaria, Jepang, Brasil, Serbia, Turki, dan Spanyol ikut serta dalam lelang untuk hak terjemahan di negara mereka masing-masing. Sebelum pameran berlangsung, penerbit Rowohlt Verlag dari Jerman telah lebih dulu mendapatkan hak penerbitan buku tersebut di Jerman. Shenan Karunatilaka diwakili di Inggris oleh agensi Peters Frazer and Dunlop.

Baca Juga: Kronik Pameran Buku Frankfurt (7): Senarai Tamu Kehormatan Frankfurter Buchmesse

Terjadi pula peningkatan yang signifikan untuk workstation, opsi baru yang lebih fleksibel untuk berpartisipasi dalam pameran. Sekitar 60 peserta pameran telah memesan hampir 200 workstation, sebagai tambahan atas stan pameran mereka.

Tiga kepala negara telah berpartisipasi dalam Pameran Buku Frankfurt 2022 dengan kehadiran mereka pada empat hari pertama pameran. Setelah pembukaan meriah oleh Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melalui sambungan video meminta industri penerbitan internasional untuk terus mengungkapkan kebenaran tentang agresi Rusia. “Kami tahu jawabannya,” kata Zelenskyy di hadapan sekitar 1.700 penerbit. Pengetahuan adalah “jawaban bagi mereka yang punya rasa takut, bagi mereka yang memanipulasi” dan bagi mereka yang tidak dapat mempercayai. (rea)

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan BPET MUI Tentang Pembakaran AL-QUR’AN

Senin, 30 Januari 2023 | 16:15 WIB

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X