Hubungan Indonesia - Kamboja Perlu Ditumbuhkan

- Jumat, 25 November 2022 | 19:49 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diterima Raja Kamboja Norodom Sihamoni di kawasan Chaktomuk, Phnom Penh. (Dok.)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diterima Raja Kamboja Norodom Sihamoni di kawasan Chaktomuk, Phnom Penh. (Dok.)

PHNOM PENH, suaramerdeka-jakarta.com - Hubungan masa lalu yang dekat antara Kamboja dengan Indonesia, perlu ditumbuhkan lagi. Yakni melalui berbagai program kerja sama.

"Yang dapat saling menguntungkan untuk semua pihak. Apalagi, Indonesia dan Kamboja telah menjalin persahabatan sejak abad 8-9 Masehi," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat diterima Kerajaan Kamboja yang berada di kawasan Chaktomuk, Phnom Penh, Jumat (25/11).

Raja Kamboja Norodom Sihamoni menunggu kehadiran Puan di tangga teras istana. Puan menambahkan, hubungan diplomatik kedua negara baru dimulai pada tahun 1957 dengan menganut prinsip-prinsip kemitraan.

“Saya berharap Indonesia dan Kamboja terus memperkuat hubungannya secara bilateral maupun secara regional dengan negara ASEAN lainnya. Termasuk di bidang ekonomi, sosial dan politik," ujarnya.

Indonesia dan Kamboja telah menandatangani Perjanjian Persahabatan di Jakarta pada tahun 1959. Hubungan kuat kedua negara ditunjukkan dengan saling kunjung kepala negara dan parlemen.

"Hal itu dalam rangka kerja sama bilateral maupun menghadiri pertemuan di level regional. Antara lain seperti ASEAN atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)," tandasnya.

Dukungan
Dikatakan, dirinya sangat mengapresiasi dukungan Raja Kamboja, untuk terus mendekatkan persahabatan. Termasuk membangun kerja sama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara.
 
"Kerja sama hubungan antar masyarakat Indonesia dan Kamboja selama ini telah ditunjukkan melalui kegiatan di berbagai bidang. Antara lain seperti pendidikan, olahraga, pertukaran pemuda dan kebudayaan," tegasnya.

Pada pertemuan dengan Puan, Raja Norodom Sihamoni menyatakan sangat bahagia. Karena diingatkan kembali akan kenangan-kenangan lampau hubungan Indonesia dengan kamboja.

Khususnya mengenai hubungan sang ayah, Raja Norodom Sihanouk dengan Bung Karno. "Semoga persahabatan yang baik bisa dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Saya berharap hubungan Indonesia dan Kamboja terus meningkat," ucap Raja Sihamoni.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Kronologi Tewasnya Ken Block

Rabu, 4 Januari 2023 | 07:05 WIB
X