Bantuan Kemanusiaan RI Dalam Bentuk Logistik Pertama Dari Negara Asean Telah Tiba di Gaziantep Turki

- Rabu, 8 Februari 2023 | 23:47 WIB
Kondisi Provinsi Gaziantep Turki yang luluh lantak akibat gempa dahsyat pada senin (6/2) (Screenshoot instagram@gaziantep_turkiye)
Kondisi Provinsi Gaziantep Turki yang luluh lantak akibat gempa dahsyat pada senin (6/2) (Screenshoot instagram@gaziantep_turkiye)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Presiden RI melalui Menteri Luar Negeri telah meminta agar sebagai negara sahabat dekat Pemerintah Indonesia segera mengirimkan bantuan yang dibutuhkan di daerah gempa di Turki

Bantuan kemanusiaan tahap pertama dari Pemerintah Indonesia untuk korban bencana gempa bumi tiba di Gaziantep, Turki.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) pada pukul 13.00, Rabu (8/2), waktu setempat.

Bantuan itu berupa satu kontainer bahan makanan. Bantuan tiba di Gaziantep setelah melalui perjalanan darat selama 34 jam dari Istanbul. Waktu tempuh perjalanan lebih lama dari biasanya, 11 jam.

Baca Juga: Kiper Klub Turki Yeni Malatyaspor Eyup Turkaslan Meninggal Dunia Dalam Gempa Turki

Ini adalah bantuan kemanusiaan dalam bentuk logistik pertama dari negara Asean yang tiba di lokasi bencana," ujar Lalu seperti dikutip dari keterangan resmi.

Lalu mengungkapkan Turki merupakan salah satu negara yang paling dahulu hadir saat bencana Tsunami Aceh 2004 dan bencana Palu 2018.

Demikian pula saat wabah Covid-19 varian Delta tahun 2021, Turki juga membantu obat-obatan dan ventilator meski tidak diminta oleh Indonesia.

Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan bantuan kemanusiaan tahap berikutnya di bawah koordinasi BNPB dan Kemlu.

Baca Juga: Ada Warga asal Jabar, JQR Buka Hotline Gempa Turki & Suriah

Bantuan kemanusiaan tersebut antara lain berupa pengiriman Tim Medium Urban Search and Rescue BASARNAS, Tim Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, TNI dan Polri serta bantuan lainnya yang sedang diidentifikasi sesuai kebutuhan. Bantuan tersebut akan diberangkatkan dalam beberapa hari ke depan.

Hingga Rabu petang, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa diTurki dan Suriah menembus 11.104 jiwa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melaporkan jumlah korban tewas di Turki telah mencapai 8.574 jiwa. Sebanyak 50 ribu orang dilaporkan mengalami luka-luka.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X