Ramai ramai Tolak Timnas Israel U 20 Hadir di Indonesia, Gus Yahya: Apa Gunanya Buat Palestina?

- Jumat, 24 Maret 2023 | 15:00 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mempertanyakan gerakan sekelompok masyarakat menolak kehadiran Timnas Israel untuk berlaga pada Piala Dunia U-20 di Tanah Air (Screenshoot instagram@yahyacholilstaquf)
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mempertanyakan gerakan sekelompok masyarakat menolak kehadiran Timnas Israel untuk berlaga pada Piala Dunia U-20 di Tanah Air (Screenshoot instagram@yahyacholilstaquf)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia memicu polemik. Sejumlah pihak menolak kedatangan Timnas Israel pada gelaran yang berlangsung 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Namun Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mempertanyakan gerakan sekelompok masyarakat menolak kehadiran Timnas Israel untuk berlaga pada Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

Yahya tak masalah jika Timnas Israel datang ke Indonesia. Ia menilai kedatangan Timnas Israel ke Indonesia tak merugikan posisi Palestina.

"Kalau kita cuma menolak Israel, 'Jangan datang!', habis itu tidur, apa gunanya buat Palestina? Enggak ada gunanya juga," kata Yahya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3).

Baca Juga: HNW Apresiasi Sikap PDIP serta PKS Yang Menolak Kedatangan Israel pada Piala Dunia U 20 di Indonesia

Yahya mengatakan hal yang harus dilakukan adalah menaikkan daya tawar Indonesia di kancah internasional. Dengan demikian, Indonesia bisa membantu perjuangan Palestina dengan lebih baik.

Dia menyebut salah satu cara menaikkan daya tawar tersebut melalui gelaran Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, Yahya mendukung gelaran tersebut.

"Kita kembangkan positioning Indonesia melalui FIFA ini sehingga kita betul-betul mempunyai posisi moral yang meningkat untuk terus mengartikulasikan arah dari solusi Palestina," ujar dia.

Beberapa ormas Islam telah menggelar aksi unjuk rasa menolak kehadiran Timnas Israel. Beberapa kepala daerah juga menyatakan penolakan, di antaranya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Nonblok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi, ya kita ikut amanat beliau," ucap Ganjar di Semarang, Kamis (23/3).***

 

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seru, Video Lama Ketua RT Riang Viral.

Senin, 29 Mei 2023 | 14:00 WIB

Bijaklah Bermedsos, Saring Sebelum Sharing

Senin, 29 Mei 2023 | 09:21 WIB

Berkomunikasi di Media Digital dengan Benar.

Senin, 29 Mei 2023 | 07:19 WIB

Memanfaatkan Medsos.

Minggu, 28 Mei 2023 | 23:26 WIB

Ibul: Prabowo Komit Kedaulatan Pangan & Energi

Minggu, 28 Mei 2023 | 22:01 WIB
X