Orientasi Pertahanan Harus Dilandaskan ke Laut

- Kamis, 16 September 2021 | 19:46 WIB
Dua anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha dan TB Hasanuddin tengah berdiskusi terkait calon Panglima TNI. (Koordinatoriat Wartawan Parlemen/Winarso)
Dua anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha dan TB Hasanuddin tengah berdiskusi terkait calon Panglima TNI. (Koordinatoriat Wartawan Parlemen/Winarso)

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com – Anggota Komisi I DPR RI TB. Hasanuddin mengingatkan agar orientasi pertahanan harus dilandaskan ke laut. Setelah itu baru ke udara dan yang terakhir adalah darat.

“Hal ini karena situasi di Laut China Selatan mulai memanas ketika Amerika Serikat sekarang menggulirkan sebuah pakta pertahanan Indo-Pasifik,” katanya di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 September 2021.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertema 'Tantangan Besar Panglima TNI Baru.' Menurutnya, pakta pertahanan tersebut beranggotakan AS dan Australia.

“Kondisi tersebut jelas akan menimbulkan ketegangan dan sebagainya. Tentu kita tidak terlibat di dalamnya, tapi kita harus memiliki kemampuan yang cukup,” ujarnya.

Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Juli 2021 Mencapai 415,7 Miliar Dolar

Dia menambahkan, penyelesaian di Laut China Selatan tidak bisa diselesaikan cara perang gerilya. Kalaupun melibatkan Komponen Cadangan, artinya yang diutamakan adalah Komcad laut.

“Karena kalau Komcad darat terlalu jauh,” tandasnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha menegaskan, siapapun Panglima TNI mendatang akan menghadapi tantangan menyangkut Laut China Selatan.

“Namun, tugas Panglima TNI yang akan datang tidak begitu berat. Kecuali panglimanya nanti bukan Kepala Staf TNI yang sekarang,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

ASDP Dukung Perhelatan Sail Tidore 2022

Minggu, 27 November 2022 | 19:03 WIB

Rambut Halim HaDe

Minggu, 27 November 2022 | 12:41 WIB

Mbah Mijan Foto Selfi dengan PM Malaysia Terpilih

Minggu, 27 November 2022 | 11:45 WIB

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB
X