Panglima TNI Mendatang Harus dari TNI AL

- Rabu, 22 September 2021 | 22:28 WIB
pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. (Foto: tangkap layar Youtube Gelora Indonesia)
pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. (Foto: tangkap layar Youtube Gelora Indonesia)

 JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com- Panglima TNI mendatang diharapkan berasal dari TNI Angkatan Laut. Hal itu dengan melihat konstelasi kawasan pada belakangan ini.
 
 "Saya merasa, Panglima TNI berikutnya harus berasal dari TNI AL. Karena yang bersangkutan memahami perang laut," kata pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie, Rabu, 22 September 2021.
 
 Hal itu disampaikannya dalam diskusi Gelora Talk bertema 'Perang Supremasi Amerika Serikat vs China, Akankah Meledak di Laut China Selatan?' Menurutnya, Panglima TNI yang berasal dari TNI AL juga akan lebih mudah memproyeksi kekuatan green water, blue water dan apapun water navy, sesuai dengan Nawacita.
 
 "Dengan melihat kondisi kawasan belakangan ini, posisi Panglima TNI mendatant harus benar-benar paham betul perang laut dan perang udara di masa depan," ujarnya. 
 
 Dia lalu menyoroti Kabul yant telah jatuh, dimana pasukan AS akan mencari tempat 'permainan' baru. Selain itu juga terbentuknya Pakta Pertahanan Australia - Inggris - Amerika Serikat (AUKUS).
 
 Sementara mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI Laksda TNI (Purn) Soleman B. onto mengatakan, bila mengacu pada rotasi yang sudah berjalan, maka saat ini 'giliran' TNI AL. Apalagi, sebelumnya Panglima TNI berasal dari TNI AD kemudan TNI AD dan TNI AU.
 
 "Ya sekarang giliran TNI AL. Tanpa mempertimbangkan yang disampaikan oleh Ibu Connie sekalipun, sesuai rotasi memang giliran TNI AL, biar ada keadilan," tukasnya. ***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Diserang Buzzer, Elektabilitas Puan Justru Naik

Senin, 3 Oktober 2022 | 08:42 WIB

Relawan Puan Bagikan Bantuan Pupuk Untuk Petani

Minggu, 2 Oktober 2022 | 20:13 WIB

Ikuti Parade Kebaya, Puan Jadi Sasaran Selfie

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:11 WIB

Gas Air Mata: All You Want To Know

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Kejaksaan Jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:28 WIB
X