Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi

- Senin, 27 September 2021 | 16:33 WIB
Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi (DPR RI)
Urgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi (DPR RI)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyelenggarakan seminar onlineUrgensi Literasi Digital Dalam Masa Pandemi”.

Menghadirkan Drs. Utut Adianto, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo RI dan H.R Bambang Irawan, S.H, DPRD kab. Purbalingga.

Seminar ini sebentuk dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Dengan beberapa tujuan, diantaranya melihat peluang dalam literasi Digital di masa pandemi.

Juga sejauh mana kita bijaksana menggunakan Internet dalam kehidupan sat ini. Terutama dari hal-hal negatif Internet, juga kritis memahami berita yang benar atau berita hoax yang tersebar pada saat ini.

Sekaligus mengedukasi anak-anak untuk memahami betul penggunaan Internet dengan bijaksana dan kritis.

Utut Adianto menyampaikan harapannya agar masyarakat Literasi Digital lebih jeli dalam mengambil peluang Teknologi di saat pandemi. "Banyak peluang yang tercipta dari berbagai kemajuan teknologi, berpulang pada kreatifitas kita sebagai pembuat dan menciptakan peluang usaha," katanya secara daring, Senin, 27 September 2021.

Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, dimasa pandemi dan pesatnya teknologi, telah mengubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan. Karenanya dia mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting," katanya

Dia menambahkan, dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK: Pinjol Miliki Tujuan yang Sangat Baik  

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:06 WIB

Pemberantasan Pinjol Butuhkan Sinergi  

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:57 WIB

95 Persen Pinjol Beroperasi Ilegal

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:47 WIB

OJK Akui Ada Oknum Salahgunakan Pinjol

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:40 WIB

22 tahun merdeka, Timor Leste setia miskin

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:03 WIB

Ingin sinergikan kompetensi SDM Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:01 WIB

Publik nilai korupsi meningkat di periode kedua Jokowi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:29 WIB

Mau Bantuan Usaha Total 100 Juta? Ini caranya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:43 WIB
X