Facebook Minta Maaf, Ini Penyebab Terganggunya Aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 10:08 WIB
Facebook WhatsApps Instagram (Mashable.com)
Facebook WhatsApps Instagram (Mashable.com)

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Seharian kemarin warganet, terutama pengguna Facebook, mengeluhkan adanya gangguan yang menyebabkan mereka kesulitan mengakses aplikasi media sosial dalam grup Facebook. Yakni WhatsApp, Instagram dan Facebook sendiri.

Meskipun hari ini perlahan mulai pulih, manajemen Facebook meminta maaf dan keluar memberikan penjelasan penyebab terganggunya tiga aplikasi paling populer dan memiliki pengguna terbanyak sejagat tersebut.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami, dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka (WhatsApp, Instagram, Facebook) telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami," tulis Facebook di akun resmi Twitter, @facebook.

Bebebapa jam sebelumnya ketika aplikasi masih ngadat, akun Facebook group itu sudah juga meminta maaf. "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," katanya.


Hal serupa juga disampaikan akun pengelola aplikasi Facebook. "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis @facebookapp.

Tapi pagi ini, setelah aplikasi Facebook beranjak normal, @facebookapp menyampaikan, "Kami kembali online! Terima kasih atas kesabaran Anda dan kami dengan tulus meminta maaf kepada semua orang yang terkena dampak pemadaman."

Di akun Twitternya CTO (Chief of Technikal Officer) atau Direktur Teknik Facebook group,
Mike Schroepfer, juga meminta maaf seraya menjelaskan penyebab gangguan aplikasi mereka.

"Permintaan maaf tulus kami sampaikan kepada semua orang yang terkena dampak penghentian layanan yang didukung Facebook saat ini. Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin," tulis Mike.

Dan ketika aplikasi mulai kembali bisa diakses, ia kembali nge-twit: "Layanan Facebook sudah bisa kembali online sekarang. Mungkin perlu waktu untuk mencapai 100%. Untuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya minta maaf," katanya.

Terkait penyebab gangguan di aplikasi-aplikasi dalam jaringan Facebook, website Facebook Enginerering memberikan penjelasan tertulis yang ditulis oleh Santosh Janardhan.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Terkini

Puan Dinilai Capres yang Kuat

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:37 WIB
X