UU Pemilu Didesain Munculkan Tiga Poros

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 05:46 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidhowi (kanan) dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertema Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024. (Saktia Andri Susilo)
Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidhowi (kanan) dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertema Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidhowi mengatakan, desain UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum membuat akan ada tiga poros yang bisa mengusung calon presiden. Sebab, hanya partai politik/gabungan parpol yang memiliki 20 persen kursi atau 25 persen suara hasil pemilu sebelumnya yang bisa mengusung capres.

 

"Dengan ketentuan 20 persen kursi dan 25 persen suara, maka berpotensi menjadi tiga poros. Akan bergabung dengan poros mana, tentu tergantung pada kami," katanya di Media Center DPR RI, Kamis (14/10). Hal itu disampaikannya dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertema Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024.

 

Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu juga tidak ambil pusing dengan manuver parpol lain Hal tersebut karena setiap parpol memiliki strategi masing-masing. Namun PPP sebagai perwakilan partai religius, akan melengkapi parpol yang nasionalis.

 

Begitu juga dengan parpol nasionalis tentu membutuhkan parpol lain untuk memenuhi syarat pencalonan. Selain itu juga untuk melapisi sisi religiusnya. "Bahkan kehadiran PPP sebagai salah satu parpol dengan identitas yang berazas Islam, dibutuhkan kehadirannya," ucap dia.

 

Dia menambahkan, PPP memiliki langkah-langkah tersendiri. Termasuk bila ada parpol yang mengajukan pasangan calon. Dia juga menegaskan, dalam Pemilu 2024 tidak ada lagi pertarungan politik identitas.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Ojek Gratis untuk Jamaah Puncak Resepsi 1 Abad NU

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:42 WIB

Nah, Pemalsu Freshmag Divonis 1,5 Tahun Penjara,

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:46 WIB

Keren, Kopiko jadi sponsor utama Kopiko F1 Powerboat

Minggu, 5 Februari 2023 | 10:54 WIB
X