Keterbukaan Orang Tua dan Anak di Era Digital adalah Kunci

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:49 WIB
Daring "Tantangan Pola Asuh Anak di Era Digital”, di Jakarta, Kamis (14/10/2021). (DPR RI)
Daring "Tantangan Pola Asuh Anak di Era Digital”, di Jakarta, Kamis (14/10/2021). (DPR RI)

 

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-
Dalam pola asuh anak, keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui anak sejak mereka lahir ke dunia. Karenanya, setiap orang tua ingin yang terbaik bagi anak-anak mereka. Dengan membimbing dan mendampingi anak dengan baik. Oleh karena itu, perlunya peran orang tua sebagai pengawas anak saat menggunakan teknologi.

"Yang harus dipahami, teknologi selain memberikan kemudahan, juga bisa menjerumuskan anak-anak kita," demikian dikatakan H. Bachrudin Nasori, S.Si., MM , Anggota Komisi I DPR RI dalam daring "Tantangan Pola Asuh Anak di Era Digital”, di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Selain Nasori, dalam daring yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menghadirkan Semuel Abrijani Pengerapan, B.Sc Dirjen APTIKA Kominfo RI, dan Sisca Zulista, Ketua TP PKK Kabupaten Tegal.

Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan di masa pandemi dan pesatnya laju teknologi, telah mengubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital. Di mana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting," katanya.

Sisca Zulista mengatakan, sebagai orang tua, memberikan pengetahuan, motivasi positif, serta keteladanan kepada anak-anak adalah keharusan.

"Jauh lebih tebuka kepada orang tua akan menciptakan kenyamanan antara orang tua dengan anak," katanya

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat terutama para orang tua. Dengan menerapkan sistem kontrol dan pengawasan ya g jelas. Berdasar nilai-nilai agama yang terkait dengan filosofi kehidupan komunikasi yang positif.


Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X