Komite Oscar Kirim Sinyal Kuat ke Dewan Juri FFI 2021

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:04 WIB
Garin Nugroho (Tangkapan Layar Benny Benke)
Garin Nugroho (Tangkapan Layar Benny Benke)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-
Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) via Komite Seleksi Oscar Indonesia (The Indonesian Oscar Selection Committee) mengirim sinyal kuat kepada Anggota Juri Festival Film Indonesia (FFI) 2021, saat memilih film Yuni untuk mewakili Indonesia ke ajang Oscar. Untuk kategori International Feature Film Award, yang sebelumnya bernama Best Foreign Language Film Award.

Sinyal kuat itu makin menguat jika kita menilik ke belakang, saat sejumlah film nasional yang memenangi Citra, juga dikirim ke ajang Academy Award. Dari film Turah, Pengabdi Setan, Kucumbu Tubuhku Indahku dan sejumlah film lawas lainnya. Seperti Nagabonar, Berbagi Suami, hingga Tjoet Nja' Dhien.

Sebagaimana diyakini pemerhati film nasional Yan Widjaya, biasanya film pemenang piala Citra, secara otomatis, atau sunnatullah akan terpilih oleh Komite Oscar, mewakili Indonesia. Demikian sebaliknya.

Baca Juga: Yuni Datang, Insya Allah Oscar Menjelang

"Biasanya yang menang Citra, menang di Komite Oscar. Meski belum ada yang menang di Oscar. Apakah pemenang Komite Oscar tahun ini, yaitu film Yuni, akan dimenangkan juga di Citra? Kita tunggu saja," kata Yan Widjaya, paska Komite Oscar mengumumkan pemenangnya, yaitu film Yuni via daring, Jumat (15/10/2021).

Komite Seleksi Oscar Indonesia yang dibentuk oleh pengurus PPFI terdiri atas 13 anggota yang diketuai oleh sineas Hanung Bramantyo. Beranggotakan Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Sentot Sahid, dan Tittien Wattimena, dan Zairin Zain.

Baca Juga: Film “ YUNI” Wakili Indonesia di Piala Oscar 2022

Yan Widjaya selaku Ketua Bidang Penjurian Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XI 2021 meyakini, Anggota Juri FFI kemungkinan besar akan memenangkan film Yuni juga. Yang sebelumnya juga telah memenangi Toronto International Film Festival 2021.

"Kita tunggu saja," kata Yan. Saat ini Anggota Juri FFI 2021 sedang menyelesaikan menonton sejumlah film pilihan. Dan dalam waktu dekat akan mengumumkan pemenangnya pada malam puncak anugerah FFI 2021, pada 10 November 2021. (Bb)

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juventus Cari Poin Selamat Di Liga Italia

Senin, 30 Januari 2023 | 08:36 WIB

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X