Komunitas Agama Serukan Pemerintah Serius Tangani Krisis Iklim

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:13 WIB

 

 

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Dua minggu sebelum COP26, masjid terbesar di Indonesia dan ribuan generasi muda Muslim berpartisipasi dalam aksi lintas-agama akar rumput global, mendesak diakhirinya pengembangan batu bara dan mendorong penerapan energi bersih.


Masyarakat semakin tidak sabar, akibat industri batu bara, industri kelapa sawit dan agribisnis, serta manajemen aset dan badan perbankan yang membiayai mereka telah memperburuk krisis iklim meskipun sudah beberapa dekade terjadi peringatan serta dampak yang semakin meningkat.

 

Hari ini, masjid terbesar di Indonesia dan dua gereja besar di Jakarta serta organisasi Muslim terbesar yakni Muhammadiyah – ‘Aisyiyah dan jaringannya bergabung dengan ribuan pemuda Muslim dan para pemimpin agama di seluruh pelosok negeri dalam aksi yang terkoordinasi secara global hari ini dalam kampanye global “Faiths for Climate Justice” atau “Iman untuk Keadilan Iklim”. 

 

Baca Juga: Program Stiker Hologram Pajak Kendaraan dari Kemendagri Dapat Pujian dari Publik
Faiths for Climate Justice merupakan gerakan mobilisasi global umat beragama yang diorganisir oleh GreenFaith International Network yaitu aliansi multi-agama dari berbagai organisasi keagamaan akar rumput di Afrika, Amerika, Asia, Australia, dan Eropa. Ini merupakan aksi iklim multi-agama terbesar yang pernah ada dan diselenggarakan dua minggu sebelum COP26 untuk menunjukkan protes keras dari berbagai komunitas agama di dunia atas kurangnya keseriusan dari berbagai pemerintahan dunia dalam komitmen serta program nyata untuk penanggulangan krisis iklim hingga saat ini. Sementara kondisi bumi sudah semakin mengenaskan dan hasil laporan terakhir dari IPCC pada bulan Agustus lalu  telah membuktikan hal tersebut yang disebut dengan istilah “Code Red for Humanity.”

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Soroti Sinergi TNI terkait bentrok TNI Koppasus

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:46 WIB

Memanfaatkan Buah Kiwi Untuk Perawatan Kecantikan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:11 WIB

Wajah dan Arah Bangsa Hanya Ditentukan oleh Parpol

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:09 WIB
X