Masyarakat Jadi Korban Pinjol Karena Tak Miliki Pilihan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:31 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema Berantas Pinjol Ilegal, Seberapa Kuat Aturan OJK?  di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/10).  (Saktia Andri Susilo)
Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema Berantas Pinjol Ilegal, Seberapa Kuat Aturan OJK? di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/10). (Saktia Andri Susilo)

 

              JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno menegaskan, masyarakat yang sudah sangat miskin, tidak memiliki alternatif. Hal itu menjawab mengapa dalam kondisi bunga begitu mencekik, mereka memutuskan meminjam uang ke pinjaman online (pinjol).

 

              “Bagi masyarakat yang begitu miskin, kemudahan jauh lebih penting daripada persepsi terhadap resiko," katanya di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/10). Hal itu disampaikannya dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema Berantas Pinjol Ilegal, Seberapa Kuat Aturan OJK?

 

              Menurutnya, orang miskin adalah orang yang tidak memiliki alternatif. Itulah sebabnya, semakin sedikit pilihan yang dimiliki orang maka dia semakin miskin. Sebaliknya, seseorang bisa kaya, karena dia mempunyai banyak pilihan.

 

              Dia menambahkan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan uang dalam waktu cepat dan singkat serta prosedur yang mudah, alternatifnya hanya pinjol. Untuk mengatasinya, harus menggunakan institutional economics atau memfungsikan seluruh lembaga agar orang miskin mendapatkan social safety net.

 

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Soroti Sinergi TNI terkait bentrok TNI Koppasus

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:46 WIB

Memanfaatkan Buah Kiwi Untuk Perawatan Kecantikan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:11 WIB

Wajah dan Arah Bangsa Hanya Ditentukan oleh Parpol

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:09 WIB

Sido Muncul Raih Penghargaan Dari Kemenperin

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:10 WIB
X