Ketergantungan Negara Terhadap Hutang Harus Diakhiri

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:02 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI M. Misbakhun dalam diskusi virtual Gelora Talk bertema APBN diantara Himpitan Pajak dan Utang Negara, Rabu (20/10). (Saktia Andri Susilo)
Anggota Komisi XI DPR RI M. Misbakhun dalam diskusi virtual Gelora Talk bertema APBN diantara Himpitan Pajak dan Utang Negara, Rabu (20/10). (Saktia Andri Susilo)

 

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Anggota Komisi XI DPR RI M. Misbakhun mengatakan, ketergantungan negara terhadap hutang, harus bisa segera diakhiri. Karenanya, penerimaan negara harus ditingkatkan.

 

“Presiden RI ke-1 Soekarno memberikan makna bahwa kemerdekaan ada pada tiga hal. Yaitu, kebebasan, kemandirian dan kedaulatan,” katanya dalam diskusi virtual Gelora Talk bertema APBN diantara Himpitan Pajak dan Utang Negara, Rabu (20/10).

 

Menurutnya, kalau Indonesia tidak mandiri dari sisi pembiayaan, maka pasti akan kehilangan kebebasan dan kedaulatan dalam mengatur negara. Dalam situasi seperti ini, meningkatkan penerimaan pajak bukanlah hal mudah.

 

“Bagaimana pula hutang yang terus bertumpuk itu diimbangi oleh belanja yang berkualitas dan digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang pro rakyat, dirasakan langsung oleh rakyat dan manfaatnya dirasakan oleh rakyat. Antara lain pendidikan, pelayanan kesehatan yang meningkat dan sebagainya,” ujar dia.

 

Dia mengatakan, fungsi uang pajak dipungut adalah untuk kepentingan rakyat. Sehingga dia mengajak semua pihak mengawasi Bersama upaya pemerintah meningkatkan penerimaan pajak dan bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas belanja.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memanfaatkan Buah Kiwi Untuk Perawatan Kecantikan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:11 WIB

Wajah dan Arah Bangsa Hanya Ditentukan oleh Parpol

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:09 WIB

Sido Muncul Raih Penghargaan Dari Kemenperin

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:10 WIB

Musica Studios dkk Seperti Perompak Menjerit Dirampok

Jumat, 3 Desember 2021 | 18:50 WIB

Keruwetan Punya Nama Baru; Royalti

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:48 WIB
X