MPR Miliki Kewajiban Moral Hidupkan PPHN

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:45 WIB
Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani dalam Diskusi Kebangsaan MPR RI bertema Haluan Negara Sebagai Kaidah Penuntun Pembangunan Nasional di Bandung, Sabtu (23/10). (Saktia Andri Susilo)
Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani dalam Diskusi Kebangsaan MPR RI bertema Haluan Negara Sebagai Kaidah Penuntun Pembangunan Nasional di Bandung, Sabtu (23/10). (Saktia Andri Susilo)

BANDUNG, suaramerdeka-jakarta.com – Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani menyatakan, wacana untuk menghidupkan kembali Pokok Pokok Haluan Negara (PPHN), merupakan rekomendasi dari MPR periode sebelumnya. Sehingga secara kelembagaan, MPR periode saat ini memiliki kewajiban moral untuk melaksanakannya.

 

“Karena, untuk apa MPR periode lalu membuat rekomendasi bila yang dipasrahi ogah-ogahan. Hal itu untuk menunjukkan bahwa kami serius,” katanya dalam Diskusi Kebangsaan MPR RI bertema Haluan Negara Sebagai Kaidah Penuntun Pembangunan Nasional di Bandung, Sabtu (23/10).

 

Dia menambahkan, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam masyarakat ada ketidakpuasan atas empat kali amandemen terhadap Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dimana hal itu menyebabkan liberalisasi dalam banyak hal, seperti di bidang ekonomi, politik dan sebagainya.

 

Residu tersebut terwujud antara lain praktek politik uang dalam pemilu dan pilkada. Sehingga, sudah saatnya dilakukan evaluasi atas UUD hasil amandemen yang sudah berjalan selama kurang lebih 20 tahun.

 

“Apakah hasil evaluasinya akan berujung pada amandemen UUD atas pasal-pasal yang dituju, atau sebenarnya hanya salah dalam UU yang dibuat? Sehingga, kesalahan bukan pada konstitusinya, namun pada terjemahan atas konstitusi yang tertuang dalam level produk UU,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X