Rayakan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, BRIN Luncurkan Dua Buku Hasil Penelitian

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:35 WIB
Foto: Humas BRIN
Foto: Humas BRIN

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda dan merayakan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PRMB BRIN) bekerjasama dengan Penerbit Kompas meluncurkan dua buku hasil penelitian monumental yang ditulis oleh para peneliti senior di PRMB BRIN.

Kedua buku tersebut berjudul Globalisasi dan Transformasi Sosial Budaya dan Membangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya.

Buku Globalisasi dan Transformasi Sosial Budaya merupakan bagian dari hasil penelitian tentang global village, yang mendiskusikan transformasi sosial dan budaya di tengah arus globalisasi, khususnya berkaca pada sejarah dan pengalaman bangsa Indonesia.

Baca Juga: ISODEL diharapkan Munculkan Inovasi Baru terhadap Teknologi Pendidikan

Buku kedua, Membangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya merupakan buku penuh data lapangan dan analisa mendalam atas khazanah kekayaan bangsa.

Buku ini secara detail menjelaskan karakter bahasa dan budaya pada beberapa kelompok suku bangsa di berbagai wilayah Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, Ahmad Najib Burhani menyampaikan bahwa kedua buku ini memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada masyarakat terkait bahasa dan budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga: Taufik Hidayat Ingin Bersinar Bersama Timnas Indonesia

"Penerbitan hasil penelitian melalui buku ini bertujuan agar dapat secara lebih luas didiseminasikan kepada masyarakat. Sayang sekali jika hal yang sangat penting ini hanya dibaca dan diakses kalangan terbatas, dan tidak dapat berpengaruh secara luas kepada masyarakat dan bangsa ini mengenai bahasa dan budaya nasional," ujar Ahmad Najib pada peluncuran buku Globalisasi dan Transformasi Sosial Budaya dan Membangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya di Jakarta, Kamis 28 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perlindungan Data Pribadi Sangat Penting

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:25 WIB
X