Kunci Pengendalian Pandemi: Merata dan Setara di Seluruh Dunia

- Senin, 1 November 2021 | 19:48 WIB
Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro (Foto: Setkab)
Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro (Foto: Setkab)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com- Presiden Joko Widodo menegaskan kunci pengendalian pandemi seperti vaksinasi harus dapat dirasakan merata dan setara di seluruh penjuru dunia.

Sejalan dengan itu, di tanah air pemerataan vaksinasi pun terus digencarkan guna memastikan setiap warga terlindungi.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers yang ditayangkan Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - Komite Penanganan Covid- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Jumat 29 Oktober 2021.

Baca Juga: Digitalisasi UMKM Butuh Kolaborasi dengan Agregator dan Inkubator

Reisa menyebutkan bahwa situasi penanganan pandemi Covis-19 di Indonesia terus membaik berkat kerjasama seluruh rakyat.

Pada 28Oktober 2021, jumlah kasus harian di Indonesiatercatat tidak sampai 100 kasus per hari. Bahkan, sejak 15 Oktober 2021, konfirmasi harian sudah tercatat di bawah 1.000 kasus.

Menurut dr. Reisa, penurunan tren kasus baru mingguan secara umum mencapai 23%. Sementara itu, jumlah kematian menurun 16% dibandingkan pekan sebelumnya. Selain itu, kasus aktif di Indonesia kini berada di bawah 1%.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Pelaku Perjalanan Diwajibkan Karantina

Di tengah perkembangan baik tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 ini mengingatkan bahwa lonjakan kasus masih terjadi di beberapa negara di dunia.

Masyarakat Indonesia sebagai bagian dari warga dunia harus tetap prihatin dan mendoakan agar situasi di negara lain dapat segera membaik. Ia mengingatkan, pandemi di Indonesia hanya akan berakhir jika pandemi di seluruh dunia juga berhenti.

“Sebagaimana kita berprinsip bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, maka merdeka dari pandemi Covid-19 adalah hak semua warga bangsa di dunia,” tegas Reisa.

Baca Juga: Once We Get Married: Drama Berkisah tentang Kawin Kontrak antara Pemilik Toko Online dengan Bos Perusahaan

Sebagai Ketua G-20 setahun ke depan, Presiden Joko Widodo akan mengumandangkan ajakan Recover Together, Recover Stronger atau ‘Pulih Bersama, Pulih untuk Menjadi Lebih Kuat’.

Presiden mengajak semua negara maju bekerja bersama memastikan akses terhadap vaksin Covid -19 merata dan memerangi Covid-19 bersama-sama, dengan memastikan perawatan dan pencegahan juga dilakukan oleh semua.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jamaah Haji Indonesia Mulai Membanjiri Makkah.

Kamis, 8 Juni 2023 | 13:35 WIB

Boyolali Remen Maos

Kamis, 8 Juni 2023 | 12:40 WIB

Jumat Lusa Satu lagi Parpol Dukung Ganjar

Rabu, 7 Juni 2023 | 19:35 WIB
X