Budidaya dan Konservasi Tukik di Kebumen Didampingi Pertamina

- Jumat, 19 November 2021 | 08:26 WIB
Budidaya Tukik di Kebumen (Istimewa)
Budidaya Tukik di Kebumen (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Pertamina Foundation kembali berkolaborasi dengan BenihBaik.com untuk menjalankan misi pemberdayaan masyarakat desa, yang akan bermuara kepada laju roda perekonomian berkelanjutan dan terpadu. Kali ini dengan menggelar program yang menyasar para perempuan yang berada di wilayah Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Secara spesifik program kolaborasi strategis dengan mengedepankan misi pelestarian ekosistem dan penguatan kesejahteraan masyarakat sekitar desa ini meliputi pendampingan dan pelatihan khusus terkait budidaya dan konservasi tukik, pemberdayaan wanita desa pendukung ekonomi di sekitar wilayah konservasi, serta pembangunan infrastruktur desa.

Baca Juga: Perkutut Christine Hakim

Di masa mendatang diharapkan tercipta suatu ekosistem desa terpadu dan berkelanjutan, sekaligus membentuk cagar ekowisata budidaya dan konservasi tukik. Seremoni peluncuran konservasi tukik ini diselenggarakan pada Selasa (16/11) di Kantor Dinas Bupati, Jalan Mayjend Soetoyo, Kebumen.

H. Arif Sugiyanto, S.H., Bupati Kebumen menyambut baik upaya konservasi. "Saya launching kegiatas konservasi tukik di Kebumen atas prakarsa Pertamina Foundation dan BenihBaik.com," katanya.

Program bantuan CSR dari Pertamina ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas atau taraf hidup masyarakat desa, dengan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.

Baca Juga: Soulfood Datang, Soul-R&B Pulau Dewata Menjelang

"Kita tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kolaborasi ini terkait dengan program konservasi tukik. Program ini terkait dengan biodiversitas dan efeknya multiplier. Pertama kita membangun infrastruktur, berikutnya kita memberdayakan kelompok masyakarat yang peduli tukik yang kita harapkan dengan pengembangan kapasitas yang kita berikan sebagai bekal kepada mereka, maka mereka akan punya kemandirian secara finansial. Kita berharap program konservasi tukik ini menjadi sustainable," kata Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Untuk menggapainya, para perempuan di desa itu mendapatkan binaan serta bimbingan usaha sebagai bentuk upaya pemerataan dan penyeimbang tingkat perekonomian warga desa, yang sebagian besar memiliki fokus pada pengembangan dan konservasi tukik (penyu).

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Cuaca Jabodetabek pada Jumat, 3 Februari 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:43 WIB
X