BESS: Batu Bara Menjadi Juara Komoditas di Kuartal III, Transportasi Batu Bara Menjadi Kunci Utama

- Kamis, 25 November 2021 | 06:00 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com 

Harga komoditas jadi bahan perbincangan sepanjang kuartal tiga 2021. Beberapa komoditas tambang tercatat harga tertinggi sepanjang masa seperti batu bara, nikel, aluminium, dan timah. Naiknya harga komoditas disebabkan oleh permintaan yang tinggi serta mulai dibukanya ekonomi dunia setelah di landa Covid-19.

Tren harga komoditas dipengaruhi oleh demand and supply. Apabila permintaan (demand) meningkat sedangkan persediaan (supply) sedikit maka harga akan naik. Sebaliknya, ketika permintaan turun namun persediaan meningkat maka harga akan turun.

Direktur PT. Batulicin Nusantara Maritim (BESS), Yuliana menyampaikan bahwa tren harga batubara kuartal ketiga menjadi hal yang menjadi perhatian bersama, dengan harga batubara yang naiknya sangat fantastis. Jasa transportasi pengangkutan batubara pasti menjadi pilar utama kelancaran  untuk pemenuhan permintaan batu bara ini.

"Dengan permintaan yang luar biasa terhadap batubara, BESS sebagai jasa transportasi pengangkut batubara tentunya ikut sangat berdampak dan berpengaruh untuk bisa memaksimalkan permintaan batubara ini," kata Yuliana pada Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Dukung Energi Bersih, Komisaris Utama Pertamina Kunjungi PGE Area Lahendong

 

Batubara jadi juara komoditas dengan kenaikan 58,26%. Kenaikan batu bara didukung oleh persediaan yang menipis di hiruk pikuk permintaan yang meningkat karena pembukaan aktivitas ekonomi dunia. Selain itu, harga minyak dan gas juga mempengaruhi kinerja batu bara yang tercatat dan mencetak rekor dengan harga tertinggi sepanjang masa. Kenaikan 58,26% dengan harga pembukaan 137.75 dan harga penutupan 218.00 yang satuannya US$/ton, menjadi tren yang baik dan disambut baik tentunya. Khusus aktivitas pengangkutan batubara cukup sibuk untuk mendukung permintaan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB

Data Berbasis Desa Penting untuk Pembangunan Daerah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB

KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
X