Permudah Akses Warga Perdesaan, Kementerian PUPR Selesaikan Jembatan Gantung Makammu II di Takalar

- Jumat, 26 November 2021 | 05:09 WIB

 

TAKALAR, suaramerdeka-jakarta.com. Selain membangun infrastruktur skala besar seperti bendungan dan Jalan Tol Layang A.P Pettarani, di Provinsi Sulawesi Selatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga membangun infrastruktur kerakyatan, salah satunya adalah jembatan gantung. Manfaat jembatan gantung langsung dirasakan masyarakat sebagai akses penghubung antar desa serta berpotensi menggerakkan ekonomi lokal antara lain sebagai objek wisata.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan. "Terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," kata Menteri Basuki.

 

Baca Juga: Peringatan Hari Guru, ini Pidato Menyentuh Menteri Nadiem

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan Muhammad Insal U. Maha mengatakan terdapat tiga jembatan gantung yang dibangun Kementerian PUPR di Sulawesi Selatan pada tahun 2021. Ketiganya berada di Kabupaten Takalar, Kabupaten Soppeng dan, Kabupaten Wajo.

"Pembangunan jembatan gantung diprioritaskan pada lokasi yang terpencil. Jadi bagaimana di daerah tersebut apabila dibangun jembatan sangat bermanfaat untuk membantu mobilitas orang dan barang dalam aktivitas sehari-hari," tutur Muhammad Insal.

Dari 3 jembatan gantung dibangun tahun 2021, satu jembatan telah selesai pada September lalu, yakni Jembatan Gantung Makammu II yang berada di Desa Bulukunyi, Kabupaten Takalar. Jembatan ini dibangun sepanjang 60 meter untuk menghubungkan Desa Moncongkomba dengan Desa Su’rulangi dan Kelurahan Bulukunyi di Kecematan Polombangkeng Selatan.

Baca Juga: 15 Tahun, DJKA Kemenhub Telah Bangun 1.937 KM Jalur Kereta Api*

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejaksaan Perlu Introspeksi

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:29 WIB

Waspada Jeratan Pinjol Ilegal

Selasa, 7 Desember 2021 | 16:33 WIB

Kemkominfo gelar penguatan komunikasi hadapi Nataru

Selasa, 7 Desember 2021 | 07:56 WIB
X