Tak Mau Kalah dari Industri Otomotif, Len Rancang Motor Listrik Militer Karya Anak Bangsa

- Jumat, 26 November 2021 | 16:00 WIB
PT Len Industri (Persero) memamerkan prototip motor listrik militer di ajang Electric Motor Show (IEMS) 2021, Puspiptek, Serpong
PT Len Industri (Persero) memamerkan prototip motor listrik militer di ajang Electric Motor Show (IEMS) 2021, Puspiptek, Serpong

JAKARTA, suaramerdeka.jakarta.com - PT Len Industri (Persero) tak mau kalah dengan kalangan industri otomotif global yang rame-rame mulai memperkenalkan produk kendaran listriknya. Diam-diam BUMN industri strategis ini sudah merancang motor trail bermesin listrik.


E-Tactical Stealth Trail, begitu PT Len Industri memberikan nama, bukan motor listrik biasa. Ia adalah motor listrik khusus yang bisa digunakan dalam operasi militer. Prototype motor listrik hasil desain anak bangsa ini dipamerkan pada ajang pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan.


Direktur Teknologi PT Len Industri, Tazar Marta Kurniawan menjelaskan, sebagai perusahaan BUMN di bidang teknologi elektronika pertahaan, sistem transportasi, renewable energi dan ICT-Navigasi, pihaknya tidak sendirian merancang motor listrik tersebut.

"Kami berkolaborasi dengan PT Eltran Indonesia (anak perusahaan Len) membuat terobosan baru mengembangkan motor listrik yang senyap, lincah, handal dan tangguh di semua medan. Motor trail ini juga akan dilengkapi dengan firur-fitur lain yang disesuaikan dengan misi operasinya,” kata dia.

Baca Juga: Mau Kasih Contoh Konkrit Hadapi Perubahan Iklim, Indonesia Gunakan Mobil Listrik Bagi Delegasi G20

Jalan utama provinsi memang sudah teraspal dengan baik, tapi berbeda dengan jalanan di medan operasi militer. Kendaraan taktikal sangat diperlukan untuk mendukung kerja operasi pasukan khusus di jalanan hutan yang terjal dan berkelok, dan dengan konsep operasi senyap.

E-Tactical Stealth Trail dilengkapi dengan Radio Taktikal LenSTRAD-M5 (Hand-held) dan Battlefield Management Systems (BMS). Perangkat dan sistem tersebut merupakan komunikasi suara dan data yang dapat memudahkan pertukaran data lokasi sebaran pasukan dan ditampilkan dalam geografis wilayah misi operasi, sehingga mendukung adanya interoperability antar matra.

Dengan pengalaman dan kemampuan dalam penguasaan teknologi Power Electronic, seperti battery management system, inverter, battery pack dan motor listrik, dilengkapi dengan solusi charging station, radio komunikasi taktikal, hingga battlefield management system, menjadikan PT Len Industri sebagai perusahaan yang mampu menyediakan ekosistem kendaraan listrik ini secara menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan user.

Baca Juga: Opel Rocks-e, Mobil Listrik Mini Ini Bisa Bikin Remaja Ngiler

Motor listrik ini berhasil menarik perhatian Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia GL Kalake untuk berkunjung ke stand Len. Sebelumnya, E-Tactical Stealth Trail telah dikenalkan dan mendapat apresiasi dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam agenda kunjungan kerjanya di kantor Len Bandung awal bulan ini.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Terkini

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB

Data Berbasis Desa Penting untuk Pembangunan Daerah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB

KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
X