Webinar “Tantangan Guru dalam Peningkatan Digital Skill untuk Pembelajaran Modern Abad 21

- Rabu, 1 Desember 2021 | 08:37 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com

Menandai peluncuran aplikasi SahabatGuru di wilayah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, APKASI-YPAN bersinergi dengan Kementerian KOMINFO menyelenggarakan webinar dengan topik “Tantangan Guru dalam Peningkatan Digital Skill untuk Pembelajaran Modern Abad 21”. Webinar yang diadakan pada hari Selasa, 30 November 2021 ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan.

Berbicara sebagai keynote speaker pada webinar ini adalah, Anggota DPR RI Komisi 11, Bapak H. Charles Meikyansah, S.Sos., M.I.Kom., menyampaikan saat ini infrastruktur telekomunikasi khususnya internet menjadi kebutuhan yang sangat penting. Beliau menegaskan pada saatnya nanti internet akan menjadi kebutuhan dasar bagi seluruh rakyat, terutama bagi generasi Z dan generasi di bawahnya. Berkaitan dengan hal tersebut, beliau meyampaikan keyakinannya atas komitmen Kementerian KOMINFO untuk terus berupaya memenuhi hak dasar atas kebutuhan komunikasi dan internet, khususnya di daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal). Kepada rekan-rekan guru di Kabupaten Pekalongan, beliau  menyampaikan harapannya agar guru dapat menjadi sahabat bagi para siswanya, dan menjadikan proses belajar-mengajar secara daring atau hybrid dapat menjadi budaya baru yang menyenangkan bagi para guru dan siswa.

Mewakili Kementerian KOMINFO RI, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ibu Septriana Tangkary, S.E., M.M., menegaskan “Guru memiliki peran penting untuk membantu siswanya menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan untuk melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.” Beliau menyampaikan bahwa Kementerian KOMINFO berkomitmen untuk memastikan tersedianya tekonologi, platform, peralatan, dan sumber daya bagi para guru dan siswa untuk mendukung proses belajar-mengajar agar tetap dapat berjalan melalui berbagai media. Selain itu sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan digital skill, Kementerian KOMINFO telah menyelenggarakan berbagai program pelatihan serta memberikan beasiswa yang dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk para guru dan Aparat Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Polri Pastikan Jaga Kamtibmas Papua Terkait HUT OPM

Pada kesempatan ini, Bupati Pekalongan, Ibu Fadia Arafiq, S.E., M.M., menyampaikan dukungannya serta menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan webinar yang diselenggarakan di lingkungan Kabupaten Pekalongan ini. Menurut beliau pelatihan ini selaras dan relevan dengan program digital pemerintah dan layanan publik. Pada era digital ini, sudah menjadi tuntutan untuk dapat menguasai kemajuan teknologi informasi komunikasi di semua sektor termasuk digitalisasi di dunia pendidikan. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemampuan guru dalam upaya penggunaan media daring serta dapat mengubah pola pikir menjadi guru yang profesional dan kompeten di era digital,” demikian disampaikan beliau dalam sambutannya membuka webinar ini. 

Hadir sebagai narasumber pada webinar ini adalah, Staf Khusus Menteri KOMINFO RI, Ibu Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si., tokoh pemuda dan peneliti Populis Institute, Jakfar Siddik, serta dosen Pendidkan Matematika UNY dan Reviewer Framework AKM, Dr. Aryadi Wijaya, M.Sc. yang menyampaikan materi dengan tema Berpikir Komputasional: Bersiap Menuju Era Digital. Antusiasme peserta webinar yang tinggi terhadap materi yang disampaikan terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB

Data Berbasis Desa Penting untuk Pembangunan Daerah

Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB

KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
X