Cegah Kejahatan Siber, Kakanwil Kumhan DKI Jakarta : Tim PORA Jakut Kita Apresiasi

- Rabu, 1 Desember 2021 | 09:38 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Kejahatan Siber perlu untuk diantisipasi, serta dilakukan deteksi dini, mengingat kejahatan tersebut telah terjadi seperti halnya di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Pada Februari 2021 lalu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan bersama Polres Jakarta Selatan mengamankan 5 WN Inggris yang diduga melakukan kejahatan siber.

Kemudian pada tanggal 13 November 2021 di wilayah Jakarta Barat, Polda Metro Jaya telah menangkap 48 WNA Tiongkok dan Vietnam pelaku kejahatan Siber dengan modus pencarian jodoh melalui aplikasi.

Baca Juga: Kemenparekraf Gandeng BMKH Perkuat Mitigasi Bencana di Sektor Parekraf


Untuk itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengapresiasi langkah dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, dalam menyelenggarakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) II Kota Administrasi Jakarta Utara, untuk mengatasi masalah kejahatan Siber di Jakarta.


“Ini satu langkah yang sangat bagus sekali dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, menginisiasi dangan mengumpulkan seluruh Tim PORA yang anggotanya terdiri dari Imigrasi, TNI-Polri, Kejaksaan, Kesbangpol, BIN kumpul bersama, saling bertukar informasi terhadap kecurigaan deteksi dini terhadap kegiatan orang asing yang berada diwilayah kerja Jakarta Utara. Jangan sampai mereka berkegiatan di wilayah Jakarta Utara tidak sesuai dengan perijinannya terlebih kalau mereka melakukan kejahatan Siber,” kata Ibnu Chuldun di sela-sela Kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) II Kota Administrasi Jakarta Utara, yang berlangsung di eL Hotel Royale Jakarta, Selasa (30/11/2021).

 Baca Juga: Kominfo, transformasi digital kunci sukses jualan online

Lebih lanjut Kakanwil Kumham DKI menjelaskan, dampak dari kejahatan Siber ini bukan hanya Jakarta Utara, tetapi keberadaan Indonesia, untuk itu kita harus mencegahnya.

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

Minggu, 29 Januari 2023 | 18:28 WIB

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X