Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes Menurut dr. Saddam Ismail

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:33 WIB
 
JAKARTA,jakarta.com – Dr. Saddam Ismail menjelaskan bahwa banyak sekali informasi yang beredar kalau penderita diabetes tidak dapat mengkonsumsi beberapa jenis buah tertentu karena dapat memicu kadar gula darah tinggi.
 
Buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes yaitu yang memiliki indeks glikemik yang rendah.
 
Dari video yang diunggah kanal Youtube Saddam Ismail pada 3 April 2021, ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dijadikan pilihan bagi penderita diabetes, diantaranya:
 
Pertama Apel
 
Buah ini kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C sehingga cocok untuk penderita diabetes karena kadar indeks glikemiknya rendah. Alangkah lebih baiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya.
 
 
Kedua Jeruk
 
Kandungan vitamin C, kalium, dan asam follat dalam buah jeruk mampu membantu kesehatan pembuluh darah.
 
 
Ketiga Kiwi
 
Kiwi juga termasuk buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan asam follat. Buah ini merupakan salah satu buah wajib bagi penderita diabetes dan yang sedang diet karena memang banyak sekali manfaatnya dan juga tinggi serat.
 
 
Keempat Alpukat
 
Buah ini dapat disebut sebagai buah yang kaya akan lemak baik, sehingga dapat membantu mengendalikan gula darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah. 
 
 
Kelima Mangga
 
Buah mangga kaya akan vitamin C dan serat. “Biasanya buah ini salah dalam mengkonsumsinya, biasanya dijadikan jus dikasih susu dan gula, jadi tidak sehat lagi”, ujar dr. Saddam Ismail.
 
 
Keenam Strawberry
 
Nyatanya buah ini kaya antioksidan yang mampu mengendalikan kadar gula darah dan menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas.
 
 
Ketujuh Pir
 
Buah pir mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan. Serat yang tinggi ini mampu menjaga kesehatan pencernaan, sedangkan indeks glikemik yang rendah membantu agar gula darah tidak melonjak naik.
 
 
Kedelapan Cerry
 
Buah ini kaya akan vitamin C, antioksidan, dan kalium yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu, cerry dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes.***

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Ditutup Sementara Untuk Renovasi

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:31 WIB

Pemerintah Akan Bentuk Tim Juru Bicara

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:08 WIB

TheFoodHall Terus Berbagi Kepada Anak Panti

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:26 WIB
X