Berikut cara mengatasi dengkul yang sudah mulai sakit-sakitan, menurut dr Zaidul Akbar

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:15 WIB
 
 
JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com
 
 - Dengkul sakit-sakitan sering sekali dialami oleh orang, terutama bagi yang sudah memasuki lanjut usia. Hal ini karena memang kemampuan tulangnya sudah menurun.
 
Kebanyakan mereka yang mengalami dengkul sakit-sakitan ini adalah orang-orang dengan berat badan berlebih. Berikut cara untuk mengatasi dengkul yang sudah sakit-sakitan menurut dr. Zaidul Akbar yang dari kanal YouTube Bamol TV yang diunggah 27 November 2021.
 
dr. Zaidul Akbar menjelaskan, "Padahal kalau anda pahami, tulang betis atau tulang paha bawah itu tumpuan beban. Jadi kalau mau mengurangi nyerinya, bukan minum obat anti nyeri, tapi turunin berat badan," ucap dr. Zaidul Akbar.
 
 
Karena semua kelebihan berat badan pasti menimbulkan peradangan, salah satunya di persendian. "Kelebihan berat badan itu kan lemak, kalau lemak itu digunakan untuk bahan bakar, maka efeknya luar biasa. Dia akan memperbaiki sistem tubuh kita," kata dr. Zaidul Akbar.
 
"Sehingga kalau lemak itu dijadikan bahan energi tubuh, maka InsyaAllah kita akan sangat berenergi. Asal mau menikmati prosesnya dulu," lanjutnya.
 
Untuk bisa menggunakan lemak agar menjadi energi, maka jangan beri asupan bahan yang bisa merubah gula menjadi glikogen.
 
 
Satu cara untuk menggunakan lemak dalam tubuh untuk energi adalah dengan puasa. Puasa yang dilakukan bisa 16 jam, 20 jam, atau 24 jam.
 
"Jadi ketika anda puasa, anda berbuka, lalu makan kurma dan air. Tapi jangan makan dulu, diperpanjang puasanya. Tapi boleh minum," kata dr. Zaidul Akbar.
Misal sahur jam 4 subuh, kemudian jam 6 sore buka puasa pakai kurma dan air, kemudian tunggu sampai jam 4 subuh baru makan berat.muk***
 
 

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Portal Jember

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandara Halim Ditutup Sementara Untuk Renovasi

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:31 WIB

Pemerintah Akan Bentuk Tim Juru Bicara

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:08 WIB

TheFoodHall Terus Berbagi Kepada Anak Panti

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:26 WIB
X