Semeru: Paku Bumi Pulau Jawa, Persemayaman Para Dewa

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:56 WIB
Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa-dewa, dan sebagai sarana penghubung antara bumi dan kahyangan (Foto: screenshoot@gunungsemeru3676mdpl)
Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa-dewa, dan sebagai sarana penghubung antara bumi dan kahyangan (Foto: screenshoot@gunungsemeru3676mdpl)

 

suaramerdeka-jakarta.com-Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi disertai guguran awan panas, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Berdasarkan catatan sejarah, gunung Semeru meletus pertama kali pada 8 November 1818, atau tepatnya 200 tahun lalu.

Dalam riwayatnya, gunung setinggi 3.676 mdpl ini diselimuti dengan banyak legenda dan mitos. Salah satunya menyebut Gunung Semeru sebagai pancangnya pulau Jawa.

Dikisahkan dalam kitab Jawa kuno berbahasa Kawi, Tantu Pagelaran yang berasal dari abad ke-15, Jawa mulanya merupakan pulau yang terombang-ambing di samudera. Dewa Wisnu kemudian memindahkan Gunung Meru di India untuk dijadikan paku bumi, agar Jawa tak terus mengapung sehingga dapat dihuni manusia.

Selama pemindahan, Dewa Wisnu menjelma sebagai kura-kura raksasa agar dapat menggendong gunung Meru dipunggungnya. Sementara Dewa Brahma menjelma menjadi ular panjang yang membelitkan tubuhnya pada gunung dan badan kura-kura, sehingga gunung itu dapat diangkut dengan aman.

Baca Juga: Update Erupsi Gunung Semeru: Penerbangan di Bandara Juanda Normal

Dikutip dari wikipedia, Gunung Semeru dianggap sebagai rumah tempat bersemayam dewa-dewa, dan sebagai sarana penghubung antara bumi dan kahyangan. Banyak masyarakat Jawa dan Bali sampai sekarang masih menganggap gunung sebagai tempat kediaman Dewata dan Sang Hyang.

Kemegahan Semeru sebagai hunian para Dewa diabadikan dalam “Mahameru”, salah satu karya legendaris band asal Jawa Timur, Dewa 19.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KASN Selenggarakan Anugerah Meritokrasi ke 3

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:05 WIB

Giliran Sukabumi Diguncang Gempa Darat

Kamis, 8 Desember 2022 | 11:38 WIB

Semeru Didominasi Letusan-letusan Kecil

Rabu, 7 Desember 2022 | 21:32 WIB

Pencapresan KIB Pengaruhi Peta Politik Nasional

Rabu, 7 Desember 2022 | 20:33 WIB

Bank Hana Bantu Korban Gempa Cianjur

Rabu, 7 Desember 2022 | 19:00 WIB
X