Gedung Cyber Kebakaran, Pakar Digital Terdapat Data Center untuk Akselerasi Ekonomi Digital

- Selasa, 7 Desember 2021 | 05:01 WIB
 
 
JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Pusat data atau data center sekuritas yang berada di Gedung Cyber Kuningan Barat, Jakarta Selatan yang saat ini mengalami kebakaran pada Kamis (2/12/2021), mengakibatkan terganggunya berbagai layanan digital. Hal ini disebabkan sejumlah perusahaan penyedia web hosting dan penyedia jasa internet meletakan data usahanya pada data center di Gedung Cyber.
 
Pakar Digital, Anthony Leong buka suara terkait dengan banyaknya aplikasi dan layanan web hosting yang tumbang akibat kebakaran di Gedung Cyber 1 Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Menurut Anthony seharusnya gedung data center perlu lebih aman, terpercaya dan sigap jika terjadi kejadian kebakaran seperti ini.
 
"Seharusnya Gedung Cyber di Indonesia memiliki SOP pengamanan tingkat tinggi, karena ini menyangkut ekosistem bisnis digital. Jangan sampai dengan kejadian-kejadian tidak terduga seperti ini membuat layanan digital lumpuh. Perlu ada standar gedung yang baik dan memang layak untuk menjadi data center. Kejadian ini harus jadi bahan evaluasi," ungkap Anthony.
 
 
CEO Menara Digital ini mengungkapkan kini, Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak ke-4 di dunia. "Dengan pengguna internet di Indonesia yang luar biasa, perhatian terhadap infrastruktur bisnis digital harus diperhatikan.
 
Perlu kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informasi bersama penyedia jasa infrastruktur digital untuk menghindari hal-hal tak terduga seperti ini," kata Anthony yang juga Ketua HIPMI Digital Academy ini.
 
"Kita sudah banyak mendengar berita kebocoran dan kehilangan data dari kesalahan-kesalahan teknis yang bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Saat ini data adalah aset luar biasa di kita, bocor dan hilangnya data akan sangat menggangu pengembangan ekonomi digital," ujar Anthony.***
 
 

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Tolak Segala Bentuk Kejahatan Seksual

Rabu, 19 Januari 2022 | 06:02 WIB

RUU TPKS Sah Sebagai RUU Inisiatif

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:54 WIB

Omicron Landai,Pasien Sembuh Bertambah

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:50 WIB

IKAL Lemhannas sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:46 WIB

DPR Kuorum Sahkan RUU IKN Menjadi UU Ibukota Negara

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:29 WIB
X