PPKM Level III Batal, Moeldoko: Pemerintah Tetap Menerapkan Sejumlah Pembatasan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 16:51 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko  (Foto; instagram@dr.moeldoko)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto; instagram@dr.moeldoko)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Pemerintah tidak jadi menerapkan PPKM level 3 pada periode Natal dan Tahun Barudi semua wilayah.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan alasan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) batal diterapkan. Menurut dia, keputusan itu merupakan bentuk kebijakan gas dan rem Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani Covid-19.

"Kebijakan menginjak gas dan menarik rem idealnya disesuaikan dengan perkembangan data terkini Covid-19. Untuk itu gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan perkembangan Covid-19 di hari-hari terakhir," tegas Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Selasa (7/12/2021).

Kendati PPKM level 3 batal diterapkan saat Nataru, dia menekankan bahwa pemerintah tetap akan menerapkan sejumlah pembatasan. Hal ini untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

"Untuk acara-acara kerumunan masyarakat yang diizinkan maksimal berjumlah maksimal 50 orang," kata Moeldoko.

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

Selain itu, pertandingan olahraga tetap tidak boleh tanpa penonton. Lalu, operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop juga dibatasi maksimal hanya 75 persen dari kapasitas.

Selanjutnya, pelaku perjalanan jarak jauh wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19, baik melalui PCR maupun antigen. Moeldoko menyebut Jokowi ingin protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat, meski ada pelonggaran.

"Jadi Presiden satu sisi memberikan kelonggaran, tapi pada sisi yang lain memberikan penekanan atas protokol kesehatan," tutur Moeldoko.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS Tolak Segala Bentuk Kejahatan Seksual

Rabu, 19 Januari 2022 | 06:02 WIB

RUU TPKS Sah Sebagai RUU Inisiatif

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:54 WIB

Omicron Landai,Pasien Sembuh Bertambah

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:50 WIB

IKAL Lemhannas sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa

Selasa, 18 Januari 2022 | 17:46 WIB

DPR Kuorum Sahkan RUU IKN Menjadi UU Ibukota Negara

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:29 WIB
X